"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 06 Januari 2013

TAYAMMUM (1)

Dari Jabir bin Abdullah r.a.; Bahwasanya Nabi s.a.w. bersabda : “Aku diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorangpun sebelumku : Aku diberi kemenangan sebab kehebatan dari perjalanan satu bulan, dan dijadikan bagiku bumi ini tempat sholat dan alat pembersih, maka siapa saja bila sampai padanya waktu sholat, hendaklah ia sholat” Dan Jabir meneruskan hadits itu, dan selanjutnya”. Muttafaq ‘alaih.

Dan pada hadits Hudzaifah yang dikeluarkan oleh Muslim ; “Dan tanahnya dijadikan alat pembersih bagi kita, apabila kita tak dapat air”

Dari Ali r.a., riwayat Ahmad; “Dan tanah itu dijadikan alat pembersih bagiku”.

Dalam Qur’an surat An-Nisa’ ayat 42, diterangkan bahwa yang boleh tayammum itu ialah : yang sakit, yang dalam penjalanan, yang tidak mendapatkan air.
--------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabuth-Thaharah, halaman 49-50.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar