"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 30 Juni 2011

BESARAN PERALATAN GAMELAN JAWA

Terkadang dalam mendesain besaran ruang untuk bangunan pertunjukkan tradisional tidak kita ketemukan di DATA ARSITEK (Architect's Data) karya Ernast dan Peter Neufert.
Dalam buku Sari-sari Basa Jawi Pepak tulisan M. Abi Tofani gamelan ada banyak macamnya, yaitu :
1. Bonang
2. Demung
3. Gambang
4. Gender
5. Gong
6. Kempul
7. Kendang
8. Kenong
9. Kethuk
10. Peking
11. Rebab
12. Saron
13. Siter / Kentrung
14. Suwuk
15. Thimplung, dan lain-lain.

Penghitungan besaran ruang yang berdasarkan dimensi yang tepat untuk peruntukkannya sangat diperlukan. Berikut ini coba saya sajikan besaran peralatan gamelan jawa yang biasa digunakan dalam pertunjukan tradisional wayang kulit, wayang orang dan kethoprak.
Cara membaca ukuran, misalnya tertulis 1.20 berarti 1,2 meter dan misalnya tertulis .40 berarti 0,4 meter atau 40 centimeter.
Suling

Gambang

Gender Baron

Gender Penembung

Gender Penerus

Gong dan Kempul

Kendang

Kethuk Kenong

Rebab

Saron Demung

Saron Peking

Saron Ricik

Siter atau Kentrung

9 komentar:

  1. Terima kasih untuk informasinya :). Mohon ijin untuk saya pakai dalam penngerjaan Tugas Akhir saya :D.

    BalasHapus
  2. Silakan, semoga sukses Tugas Akhirnya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih.. artikelnya sangat membantu dalam pengerjaan tugas akhir saya.. :'3

    BalasHapus
  4. artikel yang sangat membantu khususnya untuk data seni pertunjukan budaya jawa...

    BalasHapus
  5. mohon maaf sebelumnya, apakah anda memiliki dimensi yang dibutuhkan untuk memainkan slenthem dan bonang? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Terima kasih informasinya sangat membantu, saya membutuhkan ukuran untuk ruang pagelaran gamelan. Sukses selalu.

    BalasHapus
  7. sangat membantu sekali dalam pengerjaan tugas akhir saya. terimakasih

    BalasHapus
  8. Mohon izin untuk dipakai dalam tugas akhir saya. Terima kasih sebelumnya. Sukses selalu.

    BalasHapus
  9. Makasih bang ^_^, akhirnya aku bisa tahu ukuran gamelan.

    BalasHapus