"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 01 Agustus 2013

AL-WASI-’U

AL-WASI-’U (الْوَاسِعُ) artinya, Maha Luas, yakni rahmat Allah itu Maha luas, merata kepada segala yang maujud dan luas pula nikmat-Nya, ilmunya dan segala-galanya terhadap hamba-Nya meliputi segala makhluk dan merata tidak dibedakan hewan, tumbuhan dan insane, atau kafir dan Islam.
Segala apa yang ada pada makhluq terbatas sekali, ilmunya sedikit, kekayaan-Nya terbatas, kekuasaannya tidak sempurna dan sebagainya. Manusia, janganlah bersombong diri, dan segala sesuatu yang dimilikinya itu adalah pemberian Allah, tidak akan kekal abadi, maka tunduklah diri kepada Allah yang tak ada bandingan-Nya dalam segala hal.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 115 yang artinya :
“Timur dan Barat itu kepunyaan Allah, ke mana kamu menghadap maka di sanalah wajah Allah, adalah Allah luas kurnia-Nya lagi Maha Mengetahui”.

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-’Ankabut ayat 56 yang artinya :
“Hai hamba-Ku yang beriman! Sesungguhnya bumi-Ku amat lapang maka sembahlah akan Daku”.

Banyak ayat-ayat Allah yang menerangkan kekuasaan Allah Maha Luas dalam segala-galanya yang tidak saya sebutkan di sini.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 57.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 34.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar