Indonesia ternyata memiliki pabrikan kendaraan offroad un-conventional jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga tenaga yang diperlukan untuk melaju relatif kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relatif irit. Dan PT FIN KOMODO TEKNOLOGI, adalah perusahaan swasta Nasional yang bergerak di bidang Rekayasa & Teknologi (Engineering & Technology) tersebut. Berbekal pengalaman dalam bidang design dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistim otomasi. Didukung oleh engineer-engineer yang telah berpengalaman dalam bidang rekayasa teknologi yang berkualitas Internasional serta teknisi profesional serta tenaga-tenaga pembantu yang terampil dan terlatih.
Keandalan kendaraan FIN Komodo disamping untuk misi penjelajah atau survey atau pengawasan, maka FIN Komodo juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility. Untuk kondisi jalan dengan kemiringan 45° dan berlumpur dapat dilalui dengan mudah dan aman, serta tanjakan turunan yang ekstrem tidak ada masalah. Untuk kondisi semak - semak (yang belum ada jalan), maka FIN Komodo dapat berfungsi sebagai kendaraan perintis untuk pembuka jalan, sehingga akan sangat efisien dan menghemat waktu dalam bekerja (. Jika untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat berada didalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari untuk operasi perjalanan siang hari.
Kestabilan kendaraan ini pada medan offroad yang ekstrem tidak diragukan lagi, karena designnya menggunakan perhitungan matematika persamaan keseimbangan yang akurat untuk setiap komponen dan manufakturnya.
Spesifikasi type KD 250 AT
Mesin : Four Stroke, 250 CC
Max Momen Puntir : 17,6 Nm / 5500 Rpm
Max. Horse Power : 14 HP/7000 Rpm
Compression ratio : 10 : 1
Sistem Pendingin : Pendingin Air
Bahan Bakar : Bensin Premium (rekom Pertamax)
Kapasitas tangki : 21 Liter
Stater : Elektrik
Transmisi : CVT Otomatis, Maju, Netral, Mundur
Kapasitas Oli Transmisi : 1,2 liter, SAE 10 - 30W
Kapasitas Oli GearBox : 200 CC, SAE 40W
Sistem Penggerak : 2 roda belakang dengan sprocket
Kecepatan Max : 60 Km/Jam
Rangka : Tubular dan bagasi
Steering Systems : Rack n Pinion
Suspensi Depan : Fully independent double wishbone dengan per keong
Suspensi Belakang : Fully independent double wishbone dengan per keong
Rem Depan : 2 buah Hidrolik Cakram
Rem Belakang : Hidrolik Cakram
Ban Depan : 25 X 8 X 12
Ban Belakang : 25 X 10 X 12
Ground Clearance : 300 mm
Jarak Sumbu Roda : 2000 mm
Jarak Roda : 1400 mm
Panjang Total : 2650 mm
Lebar Total : 1750 mm
Tinggi Total : 1460 mm
Berat Kosong : 320 Kg
Kapasitas Angkut : 250 Kg barang
Kapasitas Penumpang : 2 (dua) penumpang
Seat Belt : Menggunakan sistem 4 titik.
Spesifikasi type KD 250 AT
Mesin : Four Stroke, 250 CC
Max Momen Puntir : 17,6 Nm / 5500 Rpm
Max. Horse Power : 14 HP/7000 Rpm
Compression ratio : 10 : 1
Sistem Pendingin : Pendingin Air
Bahan Bakar : Bensin Premium (rekom Pertamax)
Kapasitas tangki : 21 Liter
Stater : Elektrik
Transmisi : CVT Otomatis, Maju, Netral, Mundur
Kapasitas Oli Transmisi : 1,2 liter, SAE 10 - 30W
Kapasitas Oli GearBox : 200 CC, SAE 40W
Sistem Penggerak : 2 roda belakang dengan sprocket
Kecepatan Max : 60 Km/Jam
Rangka : Tubular dan bagasi
Steering Systems : Rack n Pinion
Suspensi Depan : Fully independent double wishbone dengan per keong
Suspensi Belakang : Fully independent double wishbone dengan per keong
Rem Depan : 2 buah Hidrolik Cakram
Rem Belakang : Hidrolik Cakram
Ban Depan : 25 X 8 X 12
Ban Belakang : 25 X 10 X 12
Ground Clearance : 300 mm
Jarak Sumbu Roda : 2000 mm
Jarak Roda : 1400 mm
Panjang Total : 2650 mm
Lebar Total : 1750 mm
Tinggi Total : 1460 mm
Berat Kosong : 320 Kg
Kapasitas Angkut : 250 Kg barang
Kapasitas Penumpang : 2 (dua) penumpang
Seat Belt : Menggunakan sistem 4 titik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar