"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 12 Agustus 2013

SHOLAT SUNNAT (15)

Dari ‘Aisyah r.a., ia berkata; “Tidak pernah Rasulullah s.a.w. melakukan sholat (sunnat) pada bulan Ramadlan dan lain-lainnya lebih dari sebelas raka’at : Beliau sholat empat raka’at, jangan engkau tanyakan tentang bagus dan lamanya, kemudian sholat (lagi) empat raka’at, jangan engkau tanyakan tentang bagus dan lamanya, kemudian beliau sholat tiga raka’at”. ‘Aisyah berkata ; Saya bertanya : “Ya Rasulullah, apakah engkau tidur (dahulu) sebelum sholat witir?”, beliau bersabda : “Ya ‘Aisyah, sesungguhnya dua mataku tidur, tapi hatiku tidak tidur”. Muttafaq ‘alaih. Dan pada sebuah riwayat oleh mereka berdua : “Adalah beliau sholat malam sepuluh raka’at, dan sholat witir satu raka’at, lalu beliau sholat (sunnat) sebelum Shubuh, maka itu semua adalah tigabelas raka’at”.

Dan dari padanya, ia berkata; “Adalah Rasuluilah s.a.w. sholat malam tigabelas raka’at, beliau sholat witir dan (yang tigabelas raka’at) itu lima raka’at, beliau tidak duduk (attahiyyat) pada sholat (witir) itu, kecuali di akhirnya”.

Dan dari padanya, ia berkata; “Rasulullah s.a.w. sholat witir tiap-tiap malam, dan akhir witirnya itu di tengah malam (waktu Sahur)”. Muttafaq ‘alaih.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 141-142.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar