"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 31 Agustus 2013

AL-MUHYII

AL-MUHYII (الْمُحْيِيْ) artinya, Yang Maha Menghidupkan, yakni Allah yang memberikan daya kehidupan pada setiap sesuatu yang berhak hidup. Setiap yang hidup, adalah الله سبحانه وتعالى yang menghidupkan diberi-Nya rezeki untuk hidup, sehingga sampai pada waktu yang ditentukan.
Jatah hidup ini tidak sama, dan masing-masingnya itu tidak mengetahui dalam berapa waktukah lamanya diberikan hidup itu kepada masing-masing makhluk. Itu adalah dalam ilmunya Allah. Dan mati tidak akan datang jika jatah hidup masih ada.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Hajji ayat 66 yang artinya :
“Dia yang menghidupkan kamu dan yang mematikan kamu, kemudian dihidupkan-Nya kembali, bahwasanya manusia itu orang yang kafir akan ni’mat Allah.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Asy-Syura ayat 9 yang artinya :
“Atau patutkah mereka mengambil Pelindung-pelindung selain dari Allah; Maka Allah Dialah Pelindung yang sebenarnya dan Dia menghidupkan orang-orang yang mati, dan Dia adalah Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.”

Itulah sebabnya Allah disebut “Al-Muhyii”.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 70-71.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 40-41.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar