"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 03 Januari 2013

MANDI DAN HUKUM JUNUB (8)

Dari ‘Aisyah r.a., ia berkata; Adalah Rasulullah s.a.w. mandi jinabat, beliau mulai mencuci dua tangannya lalu beliau menyiramkan dengan yang kanan atas yang kiri, lalu beliau mencuci kemaluannya, lalu berwu’dlu’, lalu beliau mengambil air, lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke pangkal-pangkal rambut, lalu beliau menyiram kepalanya tiga kali siraman, lalu beliau menyiram seluruh badannya, kemudian mencuci dua kakinya”. Muttafaq ‘alaih, dan lafadh ini dalam riwayat Muslim.

Dan dalam riwayat yang dua (Bukhari dan Muslim) dan hadits Maimunah; “Lalu beliau menyiram kemaluannya dan mencucinya dengan tangan kirinya, beliau menggosokkan tangannya pada tanah”. Dan dalam suatu riwayat: “Dan beliau menggosok tangannya dengan tanah”, dan diakhirnya: “Kemudian saya bawakan penyeka (lap) untuknya: tapi beliau menolaknya”; dan dalam hadits itu juga: “Dan beliau mulai menghilangkan air (dari badannya) dengan tangannya”.

Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata; “Ya Rasulullah, saya adalah seorang wanita yang menalikan (mengikat) rambut kepala saya, apakah wajib saya membukanya untuk mandi jinabat?”. dan pada satu riwayat : “Dan buat mandi haid?” Nabi bersabda : “Tak usah, cukup bagimu menyiram kepalamu tiga kali siraman”. Diriwayatkan oleh Muslim.

Yakni bagi wanita tak usah membuka sanggulnya.
--------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabuth-Thaharah, halaman 47-48.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar