"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 05 Oktober 2013

WARA DAN MENJAUHI SEGALA SYUBHAT (1)

Annu’man bin Basyir r.a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda : Sesungguhnya halal telah jelas dan yang haram juga telah jelas, dan di antara keduanya ada hal-hal yang menyerupai (meragu-ragukan) tidak dapat diketahui oleh kebanyakan manusia. Maka siapa yang berhati-hati dari syubhat akan bersih agamanya dan kehormatannya, dan siapa yang terjerumus dalam syubhat akan terjerumus ke dalam haram, bagaikan gembala yang menggembala disekitar tempat terlarang mungkin terjerumus ke dalamnya. Ingatlah tiap raja mempunyai tempat terlarang.
Ingatlah larangan Allah itu ialah yang diharamkan. Ingatlah dalam badan ada segumpal daging, jika ia baik, maka baiklah semua jasad, dan jika rusak, maka rusaklah semua badan, camkanlah yaitu jantung hati.
(HR. Buchary dan Muslim).

Manusia tergantung pada hatinya, sebab ia memberi komando kepada semua anggota dan mulai akal fikiran sampai kepada panca indera, karena itu jika ia jujur dan baik maka baiklah anggauta lainnya, tetapi jika ia telah jahat, maka binasalah semua anggauta lain-lainnya.
-----------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 488-489.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar