"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 31 Oktober 2013

Genesis Rhapsodos

Genesis Rhapsodos
Genesis Rhapsodos di Final Fantasy Crisis Core, juga dikenal sebagai "G", merupakan salah satu krusial dalam Crisis Core serta memainkan peran sebagai cameo dalam Dirge of Cerberus. Ia merupakan seorang 1st Class SOLDIER yang lahir dari JENOVA Project, bahkan sempt dipercaya oleh Sephiroth sebagai asal-usul nama Project G. Pada awalnya ia merupakan SOLDIER yang setia kepada Shinra dan hendak membuktikan dirinya sebagai pahlawan seperti Sephiroth, tetapi sesudah tubuhnya mulai mengalami degradasi akibat efek samping JENOVA Project yang tidak sempurna pada dirinya, hal ini membuat Genesis kemudian memberontak dalam upayanya mencari penyembuhan.
Genesis lahir sebagai salah satu hasil dari JENOVA Project G yang dipimpin oleh Hollander. Gillian Hewley yang saat itu juga merupakan salah satu bagian dari tim peneliti diinfus dengan sel-sel JENOVA, kemudian sel Gillian sendiri ditransplantasikan kepada Genesis dengan harapan ia akan memiliki kekuatan JENOVA. Setelah kelahiran Genesis, JENOVA Project S di bawah pimpinan Prof. Hojo dianggap lebih superior sehingga Project G dihentikan. Genesis sendiri dianggap sebagai produk gagal dan diserahkan kepada salah seorang tuan tanah di Banora untuk diadopsi. Namun demikian, tanpa sepengetahuan Hojo maupun Hollander, Project G tetap dilanjutkan oleh DeepGround.
Sementara itu, Genesis tumbuh besar di Banora dan berteman dengan Angeal Hewley, putra dari Hollander dan Gillian yang juga merupakan hasil eksperimen Project G sebelumnya meski tanpa sepengetahuan Angeal sendiri. Ketika perang Wutai berlangsung, Genesis merasa iri dengan kepopuleran Sephiroth yang menjadi pahlawan meski seusia dengan mereka sehingga ia dan Angeal kemudian berangkat ke Midgar untuk bergabung dengan SOLDIER. Pada akhirnya mereka berdua juga berhasil bergabung dengan 1st Class SOLDIER dan berteman dekat dengan Sephiroth yang memang hanya bersosialisasi secara personal dengan mereka berdua.
Pada awal kemunculannya di Crisis Core, Genesis digambarkan sebagai sosok penyendiri, arogan, dan childish. Sekilas ia tampak seperti karakter yang cukup mudah dipahami, tetapi seiring dengan berjalannya cerita, konflik batin yang dialami Genesis menjadi semakin nyata dan rumit. Sebagai anak adopsi, ia merasa dikhianati oleh orangtua kandung maupun orangtua angkatnya, yang kemudian menjadi salah satu alasan baginya untuk meninggalkan Banora dan bergabung dengan SOLDIER. Namun demikian, masalah terbesar yang dialaminya adalah ketika ia mengetahui asal-usul kelahirannya setelah terluka dalam salah satu sesi latihan, yang membuatnya membenci Shinra dan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Meski ia cukup bangga dengan kepopuleran yang diperolehnya melalui penampilan fisik serta gaya bertarungnya, ia tidak terlalu suka terlibat dengan orang lain dan hanya berteman dengan Sephiroth dan Angeal.
Genesis dapat dibilang terobsesi dengan LOVELESS, suatu karya sastra ternama dalam bentuk puisi yang telah diadaptasi menjadi drama teater. Menurut salah satu fan club Genesis, Study Group, ia membaca LOVELESS ketika masih kecil dan sejak saat itu menyukai karya sastra tersebut serta telah berupaya menerjemahkan makna puisi tersebut sepanjang hidupnya. Genesis juga digambarkan mengartikan LOVELESS secara harafiah, di mana ia percaya bahwa dirinya, Zack Fair, Sephiroth, dan Angeal sebagai para karakter dalam puisi. Dengan begitu, ia percaya bahwa dengan memenuhi apa yang diceritakan dalam LOVELESS, ia dapat memperoleh Gift of The Goddess yang akan menyembuhkan degradasinya.
Nama Genesis pertama kali disebut sebelum Zack dikirim ke Wutai sebagai SOLDIER berstatus "Missing in Action". Bersama dengan Angeal, Zack dikirim untuk menggantikan Genesis dan membantu Sephiroth. Namun demikian, Zack malah menemukan beberapa prajurit misterius dengan wajah persis dengan Genesis yang kemudian dikenal sebagai Genesis Copies seperti yang dijelaskan oleh Sephiroth. Nantinya, Genesis ditemukan di kampung halamannya Banora, dan sejak saat itu ditampilkan sebagai tokoh antagonis utama Crisis Core meski pada dasarnya ia tidak benar-benar jahat.
Di akhir cerita, ia akhirnya berhasil menemukan penyembuh dari degradasi yang dialaminya setelah dikalahkan oleh Zack dalam Final Battle. Setelah Zack berangkat ke Midgar bersama Cloud Strife, Genesis dibawa pergi oleh 2 orang 1st Class SOLDIER misterius, yang nantinya dikenal sebagai Weiss dan Nero.
Genesis sekali lagi muncul sebagai cameo dalam Secret Ending Dirge of Cerberus, di mana ia mengangkat jasad Weiss dan mengatakan bahwa masih banyak hal-hal yang harus mereka kerjakan sebelum membawa Weiss pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar