"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 30 Oktober 2013

SHOLAT KHAUF (2)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata : “Saya pernah ikut berperang dengan Rasulullah s.a.w. di jurusan Nejd, dan kami berhadapan dengan musuh, lalu kami berbaris, kemudian Rasulullah s.a.w. sholat bersama kami; lalu satu rombongan sholat bersama beliau, sedangkan serombongan lainnya, menghadapi musuh; lalu beliau ruku’ dan sujud dua kali bersama rombongan tersebut (pertama), lalu mereka pergi mengganti rombongan yang belum sholat (rombongan kedua), dan rombongan ini datang (ke tempat sholat) lantas Nabi s.a.w. ruku’ satu kali dan sujud dua kali bersama mereka (rombongan kedua), lalu beliau salam, kemudian mereka (kedua rombongan itu) masing-masing ruku’ satu kali lagi dan sujud dua kali”. Muttafaq ‘alaih, dan ini adalah lafadh Bukhary.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 175-176.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar