"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 18 Oktober 2013

SUNNAT MENYENDIRI (5)

Abu Hurairah r.a berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Sebaik-baik kehidupan seorang, ialah seorang yang memegang kendali kudanya dalam perjuangan Fisabilillah, melompat di atas punggungnya tiap mendengar panggilan mencari pembunuhan atau mati di tempatnya, atau seorang yang memelihara kambing di atas bukit atau suatu dusun sambil menegakkan sholat dan mengeluarkan zakat, dan tetap melakukan ibadat hingga mati tidak ada hubungan pada manusia kecuali dalam kebaikan. (HR. Muslim).

Bergaul kepada sesama manusia dan menghadiri kumpulan mereka, dan majlis-majlis dzikir, menengok orang sakit, menghadiri janazah, membantu kepada mereka semua itu baik, bagi orang yang dapat mempertahankan Amar ma’ruf dan nahi mungkar. Dan sabar menghadapi mereka, serta dapat menahan diri dari gangguan mereka. Demikianlah yang dilakukan oleh Rasulullah s.a.w dan sahabat Nabi dahulu kala, dan tabi’in.
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 495.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar