"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 04 Oktober 2013

SHOLAT ORANG DALAM PERJALANAN DAN ORANG SAKIT (6)

Dari Anas r.a., ia berkata; “Adalah Rasulullah s.a.w. apabila pergi (dari suatu tempat) dalam perjalanannya sebelum matahari tergelincir (ke barat) beliau mengakhirkan sholat Dhuhur sampai ‘Ashar, kemudian beliau turun lantas beliau menjama’ antara sholat Dhuhur dan ‘Ashar : Dan apabila matahari telah tergelincir sebelum berangkat, beliau sholat Dhuhur (dulu) lalu beliau berangkat”. Muttafaq ‘alaih.
Dan dalam sebuah riwayat yang dikeluarkan oleh Hakim dalam kitab Arba’in, dengan sanad yang sahih : “Beliau sholat Dhuhur dan ‘Ashar, kemudian berangkat”. Dan dalam riwayat Abu Nu’aim dalam kitab Mustakhraj Muslim : “Adalah apabila dalam perjalanan dan matahari sudah tergelincir, beliau sholat Dhuhur dan ‘Ashar dijama’, kemudian berangkat”

Dari Mu’adz r.a., ia berkata; “Kami telah pergi beserta Rasulullah s.a.w. dalam perang Tabuk, maka beliau sholat Dhuhur dan ‘Ashar di jama’, dan sholat Maghrib dan ‘Isya’ di jama’, Diriwayatkan oleh Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 162-163.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar