"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 17 Oktober 2013

DZUL-JALAALI WAL-IKRAAM

DZUL-JALAALI WAL-IKRAAM (ذُوالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ) artinya Yang Maha Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Juga dzat yang mempunyai keutamaan dan kesempurnaan, pemberi kurnia dan kenikmatan yang amat banyak dan melimpah ruah.
Kebesaran Allah tidak ada yang menandingi-Nya, semua yang maujud ini tunduk kepada perintah-Nya, dan bilamana perintah Allah telah datang (kiamat) semuanya akan hancur lebur, tinggallah wajah Allah yang Maha Kekal.
Angin bertiup dengan kencangnya, dapat menumbangkan pohon-pohon besar dan merusakkan rumah-rumah dan sebagainya, bumi bergoncang, tanah menjadi belah-belah, air pasang tingginya puluhan meter dapat melanda kampung dan kota-kota, kesemuanya itu terjadi karena mengikut perintah Allah supaya terjadi demikian. Dalam situasi seperti itu ke manakah manusia akan lari? Kepada siapakah mereka memohonkan pertolongan, jika tidak kepada Allah? Oleh sebab itu sembahlah Allah yang mempunyai kemuliaan, ke-Agungan, kekayaan, kekuasaan dan sebagainya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman ayat 27 yang artinya :
“Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 90-91.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 48.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar