"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 29 Oktober 2013

SHOLAT KHAUF (1)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Shalih bin Khawwat r.a., tentang orang yang sholat khauf bersama Rasulullah s.a.w. pada perang Dzatir-riqa’; “Bahwasanya satu rombongan dari shahabat-shahabatnya Nabi s.a.w. berbaris bersama Nabi s.a.w., dan serombongan lagi menghadapi musuh; lalu beliau sholat satu raka’at bersama rombongan yang ikut beliau, kemudian beliau tetap berdiri sedangkan rombongan tersebut menyelesaikan sholatnya sendiri-sendiri, lantas mereka pergi berbaris menghadapi musuh, dan rombongan lainnya datang (ke tempat sholat). Nabi s.a.w. sholat satu raka’at yang tinggal (satu raka’at lagi) bersama mereka, kemudian beliau tetap duduk sedangkan mereka menyempurnakan sholatnya, kemudian beliau salam bersama mereka”. Muttafaq ‘alaih, dan ini adalah lafadh Muslim. Dan tersebut pula dalam kitab Al-Ma’rifat riwayat Ibnu Mandah, dan Shalih bin Khawwat dari ayahnya.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 174-175.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar