"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 13 Oktober 2013

AR-RA’UUFU

AR-RA’UUFU (الرَّءُوْفُ) artinya Yang Maha Pengasih, Maha rahmat dan Kasih Sayang kepada makhluk-Nya, hampir sama dengan Ar-Rahman dan Ar-Rahim, hanya saja sifat Ar-Ra’uf ini disertai lemah lembut.
Pengasihnya Allah telah dirasakan oleh segenap hamba-Nya, dan kurnia-Nya yang banyak itu yang diberikan-Nya kepada setiap hamba-Nya, kepemurahan-Nya, pertolongan-Nya dan sebagainya, telah diuraikan satu persatu dalam pembahasan asma-ul husna ini. Semuanya itu menunjukkan bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang tiada taranya. Berbahagialah orang yang taat dan patuh menurut perintah Allah dan merugilah yang mendurhakai-Nya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 7 yang artinya :
“Binatang itu membawa beban kamu kesuatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan bersusah payah. Sesungguhnya Tuhan kamu Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 9 yang artinya :
“Dia yang menurunkan kepada hamba-Nya (Muhammad) beberapa ayat yang terang, supaya ia mengeluarkan kamu daripada gelap gulita kepada terang benderang. Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepadamu.”

Agar kita selalu mendapatkan belas-kasihan Allah, kita diharuskan berbelas-kasihan pula kepada orang-orang yang lemah dan fakir miskin.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 88-89.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 47.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar