"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 31 Januari 2014

Menikmati Model Dari Palembang

Model Palembang
WISATA KULINER. Setelah beberapa waktu yang lalu TravelNusa (Traveler Nusantara) menikmati Tekwan di  Kedai Pempek di jalan Ngesrep Timur V/61 Semarang, kali ini TravelNusa (Traveler Nusantara) ingin menikmati makanan olahan khas Palembang yang lain dan menikmati sensasi rasa serta lezatnya  makanan khas wong kito galo ini yang katanya disukai banyak orang, MODEL.
“Model pada dasarnya dibuat dari adonan yang sama dengan Pempek kapal selam, yaitu berupa adonan dari ikan dan sagu. Bedanya, Model diisi dengan tahu putih yang lembut dan digoreng sebelum disaji. Pada waktu dihidangkan, model di campur dengan kuah model yang terbuat dari kaldu udang. Selain dicampur dengan bihun, biasanya dicampur dengan timun dan ebi.” (Warung Tenda Tekwan Si Kembar)
Berbeda dengan pempek yang memakai cuko pedas sebagai penambah cita rasa, kalau Model yang disajikan di Kedai Pempek Musi hanya disiram dengan kuah kaldu yang gurih-gurih enak. Tak ketinggalan mie sohun (mie putih), irisan bawang bombay, dan udang kering sebagai pelengkap rasa.
Porsi model yang lumayan besar dan kuahnya yang panas dengan cita rasa gurih-gurih cocok jadi menu makan malam yang dingin. Apalagi dengan tambahan kerupuk palembang yang kriuk pasti bakal makin enak.
Sepiring Model dan teh hangat, TravelNusa (Traveler Nusantara) cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp. 9.500,- (Semangkuk Tekwan; Rp. 8.000,- dan segelas teh hangat; Rp. 1.500,-), cukup terjangkau untuk kantong TravelNusa (Traveler Nusantara).

Pencapaian ke Lokasi
TravelNusa Note mencatat bahwa akses untuk mencapai Kedai Pempek Musi sangat mudah. Jika TravelNusa (Traveler Nusantara) datang dari jalan Setyabudi temukan pertigaan Patung Diponegoro yang sedang naik kuda lalu masuk lurus jalan Ngesrep Timur V, terus perhatikan deretan warung sebelah kiri jalan kurang lebih 600 meter dari patung Diponegoro atau 100 meter setelah Warung Bebek Goreng Gendut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar