"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 16 Januari 2014

RIBA (11)

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata ; Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : “Apabila kalian berjual-beli secara ‘inah dan kalian hanya repot dengan (bertani/ pekerjaan) saja, dan bersenang-senang dengan tanamanmu saja, sambil meninggalkan jihad, pasti Allah akan membuat kalian dikuasai oleh kehinaan yang tidak akan ada yang dapat mencabutnya kehinaan itu sesuatupun, sehingga kalian kembali kepada agama kalian”. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari riwayat Nafi dari Ibnu Umar, tapi pada sanadnya ada perbincangan. Dan dalam riwayat Ahmad seperti itu pula dari riwayat Atha’, dan rawi-rawinya dapat dipercaya dan disahkan oleh Ibnul Qathan.

‘Inah = Si A menjual barang kepada si B dengan harga sekian dan dengan pembayaran di akhirnya, umpamanya satu bulan kemudian. Lalu barang tersebut dibeli lagi oleh si A dan si B dengan kontan, tapi dengan harga ang lebih rendah. Dengan demikian si B menjadi rugi, adapun Si A sebaliknya.
----------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Buju’, halaman 308-309.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar