"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 05 Desember 2013

Sephiroth

Sephiroth
Sephiroth di Final Fantasy Crisis Core, merupakan tokoh antagonis utama hampir dalam seluruh judul Compilation of FFVII. Seorang 1st Class SOLDIER, ia dikagumi oleh banyak orang karena kekuatannya yang tak tertandingin serta perannya dalam mengakhiri perang Wutai. Akibat kesalahpahaman akan asal-usul kelahirannya, Sephiroth menjadi percaya bahwa ialah satu-satu Cetra yang tersisa di muka bumi dan hendak membalas dendam kepada manusia yang dulu dianggap membiarkan JENOVA yang dianggap sebagai ibunya menghadapi marahabaya sendirian ribuan tahun lalu. Tujuan utamanya adalah untuk menguasai dan mengendalikan seluruh Planet layaknya dewa.
Dalam dunia gaming, Sephiroth dapat dikatakan sebagai salah satu tokoh antagonis terpopuler, baik di antara judul-judul serial Final Fantasy maupun dunia gaming secara umum. Penampilan, nama, serta theme song-nya menjadi icon yang memperoleh pujian dari banyak pihak.
Sephiroth sesungguhnya merupakan putra dari Prof. Hojo dan Lucrecia Crescent. Ia lahir sekitar 27 tahun sebelum dimulainya FFVII. Baik Hojo maupun Lucrecia merupakan asisten dari Prof. Gast Faremis yang bekerja untuk Shinra Company, terutama dalam meneliti JENOVA Project, sebuah penelitian terkait makhluk luar angkasa yang salah dikira sebagai Cetra, ras kuna Planet yang memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan yang tinggi serta mampu bekomunikasi dengan Planet. Hojo ketika itu menggunakan bayi Sephiroth dalam kandungan Lucrecia sebagai bahan eksperimen, sehingga sejak masih dalam bentuk janin, Sephiroth telah bergabung dengan sel-sel JENOVA sedikit demi sedikit.
Kepribadian Sephiroth bisa dibilang dingin dan tak mengenal belas kasihan. Namun demikian, sebelum insiden di Nibelheim, ia tidak benar-benar ditunjukkan sebagai sosok yang anti-sosial, misalnya ketika ia menjelaskan mengenai Mako dan Materia kepada Zack Fair dan Tifa Lockhart tanpa diminta ketika mereka sedang berada di Mt. Nibel. Bisa dibilang, Sephiroth pada saat itu lebih bersifat profesional, tetapi karena sifat naturalnya yang cenderung dingin, kebanyakan orang tidak berani dekat-dekat dengannya. Namun demikian, Sephiroth tetap memiliki beberapa teman dekat, yaitu sesama 1st Class SOLDIER, Genesis Rhapsodos dan Angeal Hewley di Crisis Core. Bahkan ia juga ditunjukkan memiliki sedikit selera humor, meski biasanya tampak tenang, kalem, dan mampu menguasai diri. Sedikit arogansi tampak dalam diri Sephiroth, tetapi melihat fakta bahwa ia merupakan SOLDIER tekuat yang pernah hidup di muka bumi, rasanya wajar saja jika ia memiliki sedikit rasa bangga terhadap dirinya sendiri.
Seusai insiden Nibelheim, Sephiroth masih mempertahankan kebanyakan sifat-sifat di atas, tetapi ia menjadi jauh lebih berbahaya dan tidak mengenal peri-kemanusiaan. Sephiroth juga tampak memiliki Messiah Comples, di mana ia menganggap dirinya sebagai yang terpilih untuk memimpin Planet sebagai dewa. Wawasannya telah meluas secara signifikan semenjak ia tercebur ke dalam Lifestream, bahkan sampai menganggap dirinya lebih hebat dari para Cetra.
Dalam seluruh penampilannya, Sephiroth mengenakan jubah hitam panjang dengan pelindung bahu perak, sepatu bot hitam, serta pakaian yang juga didominasi warna hitam. Rambut peraknya yang panjang dengan poni terbelah dan membingkau wajah menjadi salah satu ciri khasnya, ditambah dengan matanya yang berwarna kehijauan dan mirip mata kucing. Selain itu, jangan lupakan Masamune, padang sepanajng 7 kaki yang selalu dibawanya. Di Advent Children, Sephiroth juga mendapatkan tambahan sebuah sayap hitam di bahu kanannya.
Sephiroth dibesarkan oleh Shinra untuk menjadi Super SOLDIER. Ia tidak tahu apa-apa mengenai orangtuanya dan hanya diberitahu bahwa ibunya bernama JENOVA dan telah meninggal setelah melahirkan dirinya. Seiring dengan pertumbuhannya, Sephiroth bertambah kuat hingga memperoleh popularitas di mata publik, terutama sebagai pahlawan yang mengakhiri perang Wutai.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sephiroth memiliki 2 teman dekat sekaligus rival dalam SOLDIER, yakni Genesis dan Angeal. Ketika ketiganya sedang berlatih dalam salah satu ruang latihan di Shinra HQ yang menampilkan pemandangan seperti kota Junon, Genesis dan Sephiroth bisa dibilang bertarung terlalu intens hingga Angeal akhirnya menghentikan pertarungan mereka. Genesis sendiri hanya mendapat luka ringan, tetapi entah kenapa luka tersebut tak kunjung sembuh. Sephiroth sempat menawarkan diri untuk menjadi donor darah, tetapi diberitahu bahwa darahnya tidak kompatibel dengan Genesis. Pada akhirnya, Genesis yang mengetahui fakta kelahirannya meninggalkan Shinra.
Dalam misinya memeriksa salah satu Mako Reactor yang berada di Nibelheim, Sephiroth berangkat bersama Zack serta seorang infantryman bernama Cloud Strife. Di dalam reaktor itulah mereka menemukan monster-monster mutan dari manusia yang disembunyikan di dalam sana, sekaligus makhluk aneh berbentuk seperti wanita dengan tulisan JENOVA pada labelnya. Ketika Zack tanpa sengaja menyebutkan kemiripan antara SOLDIER dan para monster tersebut yang sama-sama diekspos dengan energi Mako, Sephiroth mulai mengalami keanehan akan asal-usul dirinya sendiri.
Dalam Crisis Core, Genesis diceritakan muncul dan menjelaskan bahwa Sephiroth merupakan hasil eksperimen, dengan kata lain tak berbeda dengan monster-monster tersebut. Bimbang dengan fakta-fakta yang baru ditemukannya, Sephiroth pun mengurung diri dalam laboratorium Shinra Mansion untuk mencari berbagai data penelitian terkait hal tersebut. Hal ini kemudian berujung pada kesalahpahaman fatal di mana Sephiroth mengira JENOVA, yang tetap dipikirnya sebagai ibunya, merupakan ras Cetra yang 2000 tahun lalu mengorbankan diri melindungi Planet dari malapetaka yang datang dari luar angkasa sementara umat manusia bersembunyi dan membiarkan Cetra musnah. Sejak saat itulah ia menganggapp dirinya keturunan Cetra dan hendak membalas dendam atas pelakuan manusia terhadap para leluhurnya.
Sephiroth kemudian menghancurkan Nibelheim dan membantai seluruh penduduknya sebelum kembali ke reaktor untuk mengambil JENOVA. Ayah Tifa tewas ketika mengejar Sephiroth dan Tifa sendiri terluka parah. Sementara itu, Zack yang berusaha untuk menghentikan Sephiroth pada akhirnya juga terluka parah hingga akhirnya dikalahkan oleh Cloud dan dilemmpar jauh ke pusat Planet, ke dalam Lifestream, meski Cloud sendiri sekarat seusai insiden tersebut.
Pada kenyataannya, meski Sephiroth telah tercebur ke dalam Lifestream, tekadnya terlalu kuat hingga ia tidak dapat melebur seperti makhluk hidup lain pada umumnya. Selama beberapa tahun ia berkelana di dalam Lifestream hingga akhirnya mampu mematerialisasi diri di Northern Crater. Ia menggunakan kloning-kloningnya, yang merupakan bahan eksperimen Hojo, untuk kembali bergabung dalam "reuni" di Northern Crater serta memanggil Meteor untuk menghancurkan Planet dengan Black Materia yang berhasil diambilnya dari Cloud. Namun demikian, di akhir cerita, Cloud dan rekan-rekanya berhasil mengalahkan Sephiroth meski harus dibayar dengan nyawa rekan mereka, Aerith Gainsborough.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar