"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 20 Januari 2015

Alun-alun Lama Kauman Ungaran

Abas
Alun-alun Lama Kauman yang berada diantara Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Pemuda dahulu merupakan kawasan kawedanan (sekarang menjadi Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Jl. Pemuda No. 7 Kabupaten Semarang 50511). Dulu bangunan Kawedanan itu berfungsi sebagai tempat istirahat para seniman yang akan atau telah melakukan pertunjukan di alun-alun yang berada di depan bangunan tersebut. Lokasi ini sangat gampang sekali dicari karena berada di jalur bus umum dari Solo / Jogja / Purwokerto menuju kota Semarang. Di tengah taman alun-alun ini terdapat tugu Perjuangan sebagai penghormatan kepada pahlawan kota Ungaran yang gugur. Alun-alun lama Ungaran boleh jadi merupakan pusat kehidupan sosial-ekonomi di kota Ungaran saat ini, dari yang dahulunya sepi kini mulai diramaikan dengan suasana keriangan tujuan ber-refresing. Tiada hari yang berlalu dengan sepi sunyi lagi, kini dipenuhi juga oleh pedagang yang menjajakan makan menu apa saja dari cilok hingga masakan padang.
Taman Alun-alun Lama Ungaran menurutku terbagi dalam 3 zona  :
Zona Theater; dibagian barat taman yang terdiri dari panggung dan lapangan ber-paving block;
Zona Pahlawan; di bagian tengah taman menghadirkan patung-patung pahlawan perjuangan asal Ungaran, seperti Abas anggota BKR (Badan Keamanan Rakyat mewakili kelompok pemuda pejuang yang gugur bulan September 1945 di Ungaran, patung ini menghadap ke barat arah panggung; H. Dahlan, pemimpin laskar rakyat, patung ini menghadap ke timur laut; dan Letda Purnawirawan Oesoep seorang anggota purnawirawan DIM-0714 No.Reg : P-307 / X / 1992, NRP / NBI : 10932;
Zona Sosial; dibagian timur yang terdiri dari sitting area, untuk tempat bersosialisasi bagi penggunanya.

Pencapaian
H. Dahlan
Perjalanan menuju Taman Alun-alun Lama Ungaran ini di mulai dari Semarang, TravelNusa (Traveler Nusantara) menggunakan bus BRT Trans Semarang koridor 2 arah Terminal Sisemut Ungaran, lalu berhenti di Shelter Alun-alun lama Ungaran di Jl. HOS. Cokroaminoto atau sebelah Gedung Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Semarang di Jl. Pemuda No. 7 Ungaran 50511. Ketika hendak kembali pulang ke Semarang dengan menggunakan bus BRT Trans Semarang koridor 2 gunakanlah shelter Alun-alun Lama Ungaran untuk menuju Terminal Sisemut Ungaran, biasanya sih free alias gratis jika masih melanjutkan perjalanan ke arah Semarang.
Info tambahan, di bagian barat Taman Alun-alun Lama Ungaran ada jalan menuju desa Kalisidi. Bagi penyuka tantangan alam takkan melewati kesempatan untuk mencumbui Curug Lawe dan Curug Benowo di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang ini.

Catatan Kecil
Oesoep
Selama perjalanan ke Taman Alun-alun Lama Ungaran, TravelNusa (Traveler Nusantara) melihat ada beberapa shelter baru bertebaran di sepanjang rute koridor 2, tapi tidak disinggahi, terkesan belum selesai dan masih ber-"segel". Info dari kondektur BRT Trans Semarang, shelter-shelter baru itu bagian dari rencana peluncuran rute bus BRT Trans Jateng yang bakal launching bulan Mei 2015. Informasi masih simpang-siur, rutenya melewati Mataram (Semarang) - Terminal Bawen dengan tarif Rp. 5.000,- Akankah terintegrasi dengan BRT Trans Semarang juga masih remang-remang, kita tunggu saja realisasinya.
Bagi mereka yang berlama-lama di Taman Alun-alun Lama Ungaran, tak usah khawatir sholat kalian, karena tak jauh dari tempat ini ada masjid besar Kauman.

4 komentar:

  1. luas tanah alun2 ungaran lama berapa ya ? soalnya buat tugas arsitektur

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.... saya kurang paham untuk luasan, coba nyeberang ke gedung arsip mungkin disana ada info lebih detail, ma'af yaa...

      Hapus
  2. #epoxysurabaya #epoxypasuruan #epoxysemarang #epoxysolo #epoxyyogyakarta #epoxyjawatimur #epoxybali #epoxyjawatengah #epoxybandung #epoxybanten #epoxyjakarta #epoxytangerang #epoxybogor #epoxybekasi #epoxyserang #epoxyjawabarat #epoxyjabodetabek #epoxylampung #epoxysumatra #epoxyindonesia
    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Pengalengan makanan - Yogyakarta
    22. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    23. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    24. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048
    jinggaraya.coating@gmail.com

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    BalasHapus
  3. ada penginapan g...
    disekitar alun"...??

    BalasHapus