"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 15 Desember 2013

SYARAT-SYARAT DAN APA-APA YANG DILARANG (14)

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata : “Rasulullah s.a.w. melarang menerima upah dari persetubuhan binatang jantan”. Diriwayatkan oleh Bukhary.

Dari padanya r.a. : “Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. melarang jual-beli binatang yang akan dikandung oleh binatang yang masih dalam kendungan; jual-beli begini adalah jual-beli yang dilakukan oleh kaum jahiliyyah : Yaitu seseorang membeli binatang sembelihan dan akan dibayar nanti bila unta ini sudab beranak dan anaknya itupun beranak lagi (akan dibayar dengan cucu unta ini)”. Muttafaq ‘alaih. dan lafadh ini dalam riwayat Bukhary.

Dari padanya r.a.; “Bahwasanya Rasulullah s.a.w. melarang jual beli wala dan melarang menghibahkannya’. Muttafaq ‘alaih.
---------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Buju', halaman 290-291.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar