"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 19 April 2014

Walktrough Final Fantasy VII Crisis Core

CHAPTER – OPENING
Setelah opening FMV, kamu akan memulai battle pertamamu dengan sekelompok prajurit Shinra. Setelah sedikit event, lawanlah Bahamoth. Lihat event dengan Sephiroth, Angeal dan FMV. Save!

CHAPTER 1 – SHINRA ELECTRIC POWER BUILDING
Setelah event, kamu akan diberikan tutorial oleh Kunsel. Pertama, baca Mail Tutorial yang ada (caranya, masuklah ke Main Menu, pilih Menu Mail (kedua dari bawah). Lalu bicara lagi dengan Kunsel dan pilih opsi pertama (I read it all!). Keluarlah dari ruangan tersebut, cek komputer yang tadi ditunjukkan Kunsel, pergilah ke Save Point, masuk ke Main Menu dan pilih Menu Missions (ketiga dari bawah), lakukan misi pertamamu, dimana kamu akan melawan 8 prajurit Shinra, dapatkan Elixir (Fully restores HP, MP, AP and heals all status ailments). Setelah itu, cek Box Number 6 yang ditunjukkan oleh Kunsel dan ambil Bronze Bangle (HP + 10%). Sekarang masuklah lagi ke dalam Briefing Room, bicaralah dengan Angeal dan pilih opsi pertama (I’m all set!).

Mt. TAMBLIN – MOUNTAIN PATH
Lawan 3 Wutai Soldier yang muncul dan lihat event. Ikuti jalan yang ada dan lihat event. Setelah save point, lihat event lagi, D.M.W pertamamu (Angeal – Rush Assault) akan kamu dapatkan.

FORT TAMBLIN
Lawan sekelompok Wutai Private Soldier di gerbang, untuk musuh yang diatas harus diserang menggunakan Magic Fire atau Blizzard. Battle lagi, setelah ini kamu harus menghabisi Wutai Soldier dan monster Foulander yang ada di dalam Fort Tamblin. Cukup kelilingi saja istana tersebut, lawan semua musuhnya dan temukan item-item di peti harta.. Saat kamu sampai di bagian yang Zack ditembaki menggunakan senapan dan 3 musuh itu melarikan diri dan kamu diserang dari belakang, kamu lawan musuhnya, lalu kamu cek tembok berputar tersebut. Saat kamu menemukan peti di tengah jalan, diambil saja untuk melawan musuh berikutnya. Lalu saat Zack ditembak lagi, akan muncul opsi, pilihlah yang pertama (Charge!) untuk melawannya. Saat sampai di gerbang masuk, Lazard akan menelponmu, pilih opsi pertama dan masuklah ke gerbang Fort Tamblin.
Temukanlah save point, Cek patung di antara Fort Tamblin dan tangga menuju “Vihara” Arena dan lawan Crescent Unit Captain-nya Wutai Soldier. Lihat event Zack dengan Yuffie. Ada baiknya ambillah peti harta berisi Earrings (MAG +5) di areal antara Fort Tamblin dengan Plaza sebelum naik ke “Vihara”, itung-itung meningkatkan level. Save, bila kamu merasa cukup, masuklah ke dalam “Vihara” Arena, di tengah bangunan lawan Monster Wu dan Tai.
Boss : VAJRADHARA WU DAN VAJRADHARA TAI
Cara mengalahkannya tidak terlalu sulit, kamu cukup sering menghindar dan serang satu persatu, jangan langsung keduanya karena selain memakan waktu, akan merepotkanmu, kalau perlu, gunakan magic.

Vajradhara Wu dan Vajradhara Tai
Lihat event. D.M.W terbaru akan aktif (Sephiroth – Octaslash) dan dapatkan Bulletproof Vest (VIT +30) lalu antar Lazard keluar dari zona Mt. Tamblin, lawan 3 Wutai Soldier. Save, ikuti jalan keatas, pilih opsi pertama (I’m coming, Angeal!).
Boss : IFRIT
Dia sangat lemah terhadap Blizzard, sering-seringlah menggunakan magic di battle ini.
Lihat pertemuan pertamamu dengan Sephiroth. Save.

CHAPTER 2 – MENCARI ANGEAL YANG HILANG
Sebulan pasca peristiwa hilangnya Angeal di Mt. Tamblin. Lihat event, dapatkan D.M.W ketigamu (Tseng - Air Strike). Temuilah Kunsel sebelum menjalankan misi berikutnya di luar Lazard’s Room untuk sedikit mendengarkan nasehatnya, dan ambillah Blizard Materia di Box Number 6 sebelah kiri Briefing Room. Lakukan Mission secukupnya di Main Menu untuk meningkatkan level-nya Zack. Bicaralah dengan Tseng dan pilih yang pertama (I’m ready!), lihat event lagi.

APPLE PLANTATION OF BANORA VILLAGE
Setelah event dan battle, ikuti jalan sampai save point.
Boss : GUARD SPIDER
Banyak menghindar seperti biasa, gunakan magic Thunder. Jangan terlalu dekat dengan dia karena damage yang dihasilkan cukup besar.

BANORA VILLAGE
Event, ambil Hi-Potion di peti harta luar desa dekat sebuah makam dan disebuah rumah kiri desa ambil peti harta berisi Remedy (Heals all status ailments) di bagian belakang dan masuklah ke dalam rumah Angeal Hewley, sebelah kiri Save Point dan lihat event. Setelah percakapan dengan ibunya Angeal ambilah uang 5 gil di peti harta, ketika keluar dari rumah Zack akan dihadang 3 Genesis Assassin. Tseng akan menelepon Zack bahwa ada tempat mencurigakan di balik bukit dekat desa, temui dia diatas bukit ikuti jalan di mana Zack melawan 3 Genesis Assassin tadi. Di sepanjang perjalanan yang ada tanda api unggun bersinar ambilah peti harta berisi Hi-Potion dan MP Up.

BANORA VILLAGE FACTORY
Nikmati event, lawan 3 Genesis Assassin di lantai 2 Banora Village Factory, setelah event abaikan Tseng ambil dulu uang 500 Gil di peti harta di pojok lantai, jelajahi sendiri tempatnya, lalu ikuti Tseng. Lawan beberapa musuh saat berada di lantai dasar, ambil Elixir (Fully restores HP, MP, AP and heals all status ailments) dari peti harta di pojokan bawah tangga, ikuti arah perginya Tseng. Ambil Remedy di peti harta dan lihat event, masuklah ke ruangan belakang save point dan lihat pertemuan pertama Zack dengan Genesis Rhapsodos di lantai 2. Nikmati eventnya. Keluarlah dari pabrik melalui pintu utama dan pergilah ke arah desa, tapi sebelum meninggalkan lokasi ambillah X-Potion dan Bonze Armlet (MP + 20%) di peti harta. Akan ada mini-game menghindar dari peluru yang membombardir desa.. Caranya, sebelum sebuah peluru mendekatimu, sesuaikan dengan timing dan tekan X. Akan ada batas waktu.

BANORA VILLAGE
Pergilah secepatnya ke desa dan masuki rumah Angeal lihat eventnya dan saat event di luar rumah Genesis akan mensummon monster.
Boss : BAHAMUT
Apabila ia berada di area yang tidak dapat dijangkau, gunakan magic (ingat dia anti Thunder) untuk menyerangnya. Hati-hati kalau ia sudah mengeluarkan Mega Flare, selalu gunakan Potion atau Cure. Serang saja dengan fisik bila dia di area yang terjangkau, saat menang akan mendapatkan Force Brecelet (MAG & SPR +5).
Lihat event dan Save.

CHAPTER 3 – ZACK DIPROMOSIKAN MENJADI 1ST CLASS SOLDIER
Setelah menerima telepon dari Sephiroth, nggak ada salahnya kelilingi dulu SOLDIER Floor ini, coba masuki Training Room-nya Professor Hojo untuk menjadi “Kelinci Percobaan” melawan makhluk-makhluk ciptaannya, setelah bercakap-cakap sebentar jawablah I’ll show you what SOLDIER can do! (pilihan pertama), bertarunglah. Jawablah You bet! (pilihan pertama), lawan monsternya. Jawablah I’ll fight everything you throw act me! (pilihan pertama), menangkanlah. Dan Professor Hojo akan menawarkan extra-special Program makhluk ciptaannya, katakan “Bring it on! (pilihan pertama) dan binasakalah Monster Experiment No 88 karya Profesor Hojo. Lalu pergilah ke Lazard’s Room lewat Elevator, disana Zack akan bertemu Kunsel dan sedikit bergosip, masuki elevator dan pilih opsi ketiga. Setelah event dan Zack dipromosikan menjadi 1st Class Soldier, Zack diminta berganti seragam 1st Class Soldier dan kini Zack bisa menggunakan 6 Materia dan Menu Materia Fusion sudah bisa digunakan ambil pula Star Pendant (Prevent Poison) di Box Number 6 sebelah kiri Briefing Room. Pergilah ke Elevator, pilih opsi ketiga (SOLDIER Director’s Room) lihat eventnya. Tiba-tiba alarm berbunyi dan terjadi kekacauan dengan adanya penyusup. Lazard memerintahkan Zack menangani Entrance Area dan Sephiroth menyelamatkan Presiden. Pergilah ke Pintu di depan Zack menuju Entrance Area sesuai perintah Lazard, pilih opsi pertama (Head to the entrance now!), tiba-tiba lift berhenti di lantai 49 lalu pilih opsi pertama lagi (Hurry to the entrance!) untuk langsung menuju Entrance Hall atau Zack pengen sedikit membangkang meneliti keadaan lantai 49 untuk menyelamatkan seorang Peneliti dan seorang Prajurit di lantai tersebut dengan memilih pilihan kedua (Get off and look around) dan Zack akan di hadiahi Ether. Lawan beberapa musuh (Sweeper dan Genesis Avenger) di Entrance Hall.

SECTOR 8 – FOUNTAIN AREA
Setelah Entrance Hall bersih dari penyusup pergilah ke Fountain Area di Sektor 8, lihat pertemuanmu dengan Reno dan Rude. Kamu juga akan bertemu dengan Cissnei untuk pertama kalinya. D.M.W berikutnya sudah aktif (Cissnei - Lucky Stars). Pergilah ke LOVELESS Avenue dan lihat event.
Boss : GENESIS ERASER
Dia sangat lemah dengan magic thunder. Boss yang cukup mudah untuk dikalahkan. Lihat event, dan Cissnei menghadiahi Zack Research Dep. QMC untuk digunakan belanja online membeli beberapa item dan materia. Sephiroth menelepon Zack untuk segera menyusulnya di Mako Reaktor 5.

MAKO REAKTOR 5
Save dulu. Kamu akan melawan A-Sahagin, monster ini cukup merepotkan. Cukup berhati-hati dengan Jumpnya. Lihat FMV masa lalu Sephiroth, Angeal dan Genesis. Ikuti jalan, turuni tangga di dekat valve. Bicara dengan Sephiroth di depan pintu nomor 06. Naiklah keatas, turunkan jembatan, turuni tangga di sekat save point (sebelah kiri). Ikuti jalan, turuni tangga, buka kedua peti, putar valve di tengah-tengah. Kembalilah dan ikuti Sephiroth di Secret Facility Mako Reaktor 5. Save dulu. Bicara dengan Sephiroth, baca 3 laporan yang ada. Bicara lagi dengan Sephiroth untuk Event. Kejarlah Hollander sampai dapat (di persimpangan ruangan pertama di sebelah kiri, masuklah untuk menemukan Hollander). Sasat kamu menemukan Save Point, sebaiknya Save, karena akan ada boss.
Boss : CUTTER MACHINE, PILE MACHINE, CHOT MACHINE
Serang menggunakan magic yang dimiliki, Thunder lebih efektif. Fokus terhadap satu musuh dulu, baru habisi yang lain. Lihat event dan Save.

CHAPTER 4 – SECTOR 5 SLUMS
Lihat event pertemuan pertamamu dengan Aerith dan dapatkan D.M.W miliknya (Aerith - Healing Wave). Ambil peti di belakang yang berisi 2 buah Ether. Bicaralah dengan Aeris dan pilih opsi pertama. Setelah event, pergilah kearah luar, lawan 2 ekor Hedgehog Pie yang muncul. Teruskan ke arah Slums Street. Dekati gerbang dan masuklah ke Slums Market. Setelah event Zack kecopetan, pergilah ke arah pintu keluar di atas, lalu bicara pada penjaga Shopping Paradise. Lalu bicara lagi dengan penjaga toko pita, dan dengan anak kecil di pojok dekat pintu masuk. Cobalah pergi mencari ke pintu gerbang selatan (lihat peta) lihat event lalu pergilah ke kiri gerbang selatan bertanyalah pada Clerk penjual Accessory Shop, lalu bertanyalah pada gadis kecil disisi kanan gerbang selatan Pilih Wait a little longer (opsi pertama) lalu Have I been tricked? (opsi kedua), Aerith akan datang. Bicaralah dengan Aerith. Putari tempat ini sekali untuk menangkap anak kecil itu. Saat ada pilihan, pilih I’ll get your wallet back from the monster (opsi pertama) dan keluarlah. Pergilah ke arah tembok besar yang bolong dan lawanlah monster. Setelah Aerith bergabung, bicaralah dengan penjaga toko pita. Lalu Zack membelikan Pita Rambut berwarna pink untuk Aerith, pilih Let’s go right now! (opsi pertama). Lihatlah event kencan Zack dan Aerith. Setelah event, kembalilah ke Sector 5 Slums - Market dan pergi ke pintu gerbang selatan, pilih I’m Ready  (opsi pertama).

SHINRA ROAD
Ikuti jalan, lawanlah beberapa G Assailant A dan Moth Slasher A. Terakhir, kamu akan melawan G Warrior disini. Lihat event dengan Angeal.

SHINRA BUILDING
Setelah event, kamu akan dibawa Angeal masuk ke Shinra Building bergabung dengan Sephiroth dan kalian berbagi tugas. Zack bertugas membersihkan Science Departement. Teruskan ke depan, masuki lorong menuju Sample Storage Chamber ambil item X-Potion dan Remedy di Peti Harta, lalu naiklah dengan Elevator. Bicaralah dengan Professor Hojo disini. Bicara dengan Professor Hojo sekali lagi dan pilih Of course I am! (opsi pertama). Setelah event dengan Genesis, lawanlah Bahamut Fury.
Boss : BAHAMUT FURY
Gunakan trik yang sama dengan Bahamut sebelumnya. Kamu tidak akan bisa menghindar dari Exaflare miliknya dan sangat menguras HP-mu, jadi pastikan HP-mu selalu penuh. Untuk berjaga-jaga disarankan untuk menggunakan Phoenix Down saat pertarungan.

CHAPTER 5 – AERITH MENAGIH JANJI
SHINRA  BUILDING. Setelah event, pergilah ke Briefing Room ambil Fira Materia di Box Number 6, setelah puas mengelilingi Lv. 49 pergilah ke Elevator, pilih SOLDIER Director’s Office (opsi ketiga) dan bicaralah dengan Lazard disana. Pergilah ke Elevator, pilih (Entrance) opsi pertama dan keluarlah dari Shinra building menuju ke Midgar.

SECTOR 5 SLUMS MARKET
Dari Entrance Shinra Building, pergilah terus ke arah timur (naiki tangga kota yang ada Save Point-nya) sampai kamu menemukan Stasiun Kereta Api (Sector 1 Station – Platform), pergilah terus. Saat sampai di Sector 5 Slums Market, akan ada event dengan Angeal. Pergilah ke gereja tempat pertama kali bertemu Aerith. Lihat event dengan Tseng.

MODEOHEIM MOUNTAIN
Ikuti event dan kalian terjatuh di Medeo Ravine - East, save, ikuti jalan sampai ada event pertemuan pertama Zack dengan Cloud si Country Boy di Medeo Ravine - Southwest. Dapatkan D.M.W terbaru (Cloud - Meteor Shot). Terus saja ikuti jalan Medeo Ravine – North sampai kamu tiba di Mako Exavation Test Site.

MODEO REACTOR
Setelah event, turunlah kebawah, dekati reactor, pilih opsi pertama. Mini game disini hampir sama dengan Metal Gear Solid kita harus mengambil item-item yang ada secara sembunyi-sembunyi tanpa ketahuan para penjaga, jagalah suhu disini dengan memencet tombol lingkaran. Setiap kali kamu ketahuan, salah satu peti akan hilang satu persatu. Setelah menyelesaikan semuanya, seluruh prajurit akan masuk ke dalam. Ikuti mereka! Didalam pabrik, pergilah ke arah kanan, ikuti jalan. Di dekat save point, masuki Elevator. Lihat event, lawan Genesis.
Boss : GENESIS
Dia memiliki Regen untuk menyembuhkan HPnya. Trik terbaik yang bisa dilakukan di battle ini hanyalah Hit & Run.
Kamu akan mendapatkan D.M.W terbaru (Genesis - Apocalypse)

MODEOHEIM
Teman-teman Zack yang menunggu diatas bukit sudah tidak kelihatan. Masuklah ke terowongan yang dicurigai Zack menuju Modeoheim. Setelah keluar dari Medeo Ravive – North ada Save Point, pergilah ke arah selatan (peta sudah bisa digunakan). Ambil semua Peti Harta disini (berisi 3000 Gil, MP Up Materia dan Blizzara Materia). Setelah pintu masuk Bathhouse, ambil jalan ke kiri, koleksi pula Hi-Potion dan Ether dari Peti Harta, ikuti jalan menuju 'Bathhouse' untuk melawan A-Griffon yang cukup mudah. Setelah pertarungan ini, kamu akan mendapatkan magic yang cukup berguna, Cura. Naiklah keatas dan Zack melihat Cloud dan Tseng terkapar tak berdaya. Masuklah ke dalam Bathhouse 2nd Floor – Boiler Room, turuni tangga, dan naiki tangga satunya. Keluarlah ke lubang yang terlihat save point, save disini, ikuti jalan menuju Bathhouse 2nd Floor – Hall sampai ada event dengan Angeal.
Boss : ANGEAL PENANCE
Angeal yang sudah berfusi dengan monster ini sangat repot dikalahkan. Hati-hati dengan serangan jarak dekat miliknya, lebih baik menghindar dan gunakan magic seperti Blizzard yang memiliki serangan cukup besar. Usahakan minimalisir serangan jarak dekat, kalau dia menggunakan skill, secepatnya gunakan potion atau cure.
Lihat event kematian Angeal dan serah-terima Buster Sword miliknya kepada Zack. Lihat event, Save.

CHAPTER 6 – LIBURAN YANG TERGANGGU
Costa Del Sol. Setelah event dengan Cissnei, kamu akan melawan G-Diver. Setelah event, kamu akan dibawa ke Junon.

JUNON
Ikuti jalan seperti biasa sampai kamu dihadang G-Tropper yang cukup mudah. Masuki Elevator dan lawanlah Genesis Copy. Di Level 6, pergilah ke arah Save Point sampai kamu bertemu dengan Genesis dan Hollander yang melarikan diri, Lawan lagi Genesis Copy. Aktifkan switch di gerbang, lawan musuh lagi. Aktifkan switch lagi di  gerbang Central Tunnel – Level 6 dan masuklah.
Boss : 5 SUPPORT MACHINE A dan GENERAL’S TANK
Hati-hati dengan Canon yang dikeluarkan karena berdamage cukup fatal. Serang menggunakan serangan biasa dengan taktik hit and run dikombinasikan dengan penggunaan magic Thunder. Lihat Event dengan Tseng.
Setelah save, tekan Switch di belakang save point. Di Upper Junon – Level 6, kejar terus Hollanderserang semua monster Metal Soucer I B, Crazy Saw A dan Crazy Saw B  yang menuju gerbang (semua kurang lebih ada 30 jika tidak ada yang lolos), pergi dengan menggunakan Gondola untuk membantu Cissnei di Upper Junon Level 8 ambil juga beberapa item di Peti Harta, lalu kembalilah ke Upper Junon – Level 6 kejar lagi Hollander.  Masuki gerbang Junon Airport, Save. Naiklah lift terbuka dan lawan bos.
Boss : GUARD SCORPION
Ingat boss pertama kali main game ini? Langsung gunakan Cure / Potion apabila dia mengeluarkan Tail Laser, karena damage yang dihasilkan sangat fatal. Apabila ia mulai menggunakan Target Laser, cepatlah menghindar. Gunakan Magic Thunder disini (kalau ada, gunakan Thundara), karena damage yang dihasilkan cukup 'indah'. Lihat event dan Save.

CHAPTER 7 – FLOWER WAGON, BUKTI TEPATI JANJI
SECTOR 5 SLUMS. Lihat event antara Aerith, Zack dan hewan percobaan Shinra di Church. Setelah ini Keluar dari Church Zack dihadang oleh 3 Gun Bull Head. Lihat Event. Untuk membantu Aerith, Zack harus mencari bahan-bahan membuat wagon untuk menjual bunga, bicara dengan seorang bocah laki-laki yang pernah mencopet Zack dan katakan Most definitely (opsi pertama). Barang tersebut ada di :
- Depan gereja, cari benda-benda berkilau “Used Tools” (salah satu serpihan dari 3 Gun Bull Head yang menghadang Zack saat keluar dari Church)
- Sector 5 Slums – Market, cek kayu di sebelah toko pita, setelah itu Zack bicaralah dengan pemilik kayu, Zack akan diberi pertanyaan, pilihlah “Seventh Heaven”, a piece of paradise sector 7 (opsi ketiga) maka Zack anan mendapatkan “Old Lumber”.
- Loveless Avenue, bicara dengan orang di depan mobil pick-up maka ia kan memberikan Worn Tires
- Terakhir, ambil Shinra Army Mask (How to build a Wagon) di depan Church (salah satu serpihan benda berkilau dari 3 Gun Bull Head yang menghadang Zack saat keluar dari Church).
Masuklah ke dalam gereja dan bicara dengan Aerith. Lihat Event

SHINRA BUILDING
Lihat event. Di Soldier Floor saat Kunsel menanyakan sesuatu padamu, pilih I have to be away from Aerith (opsi pertama) maka ia akan melindungi kencan Zack dan Aerith. Mampirlah ke Briefing Room buka box number 6 maka Zack dapatkan Sprint Shoes. Di Elevator, pilih opsi pertama untuk pergi ke pintu masuk dan kunjungilah Aerith di gereja. Lihat event kencan Zack dan Aerith yang berjualan bunga. Sekembalinya ke Shinra Building, bicaralah dengan Kunsel dan pilih opsi pertama. Save.

CHAPTER 8 – LAST ORDER
NIBELHEIM. Event Last Order akan dimulai disini. Bicaralah dengan Sephiroth, lihat pertemuan pertamamu dengan Tifa. Bicara dengan Sephiroth di depan penginapan, masuklah ke dalam, naik ke atas dan bicara dengan Sephiroth lagi.

SIDEQUEST
Saat tiba di Nibelheim, bicara dengan seorang anak kecil untuk mengaktifkan event yang disebut dengan '7 Special Things'. Kamu harus menyelesaikan misi-misi yang diberikan secara berurutan, dan kamu harus melapor kepada anak kecil tersebut setiap kali kamu menyelesaikan satu misi.
1) Tentang air yang berwarna merah darah seperti tercelup batu aji merah delima. Pergi ke water tower di tengah kota dan panjatlah, dapatkan dan ambil “Phoenix” Materia.
2) Temui Sephiroth di depan pintu penginapan dan biarkan dia masuk di koridor lantai 2 penginapan (biarkan dia tetap berdiri disitu dan jangan diajak bicara). Tentang lukisan wanita di kamar lantai 2 penginapan tengah kota. Setelah kamu mendengar beberapa berita dari anak kecil tersebut, pergi ke lantai 2 penginapan dan periksalah lukisan wanita, setelah itu kembalilah ke anak kecil tersebut dan bicara dengannya. Kembali lagi ke lukisan tersebut dan lihat bahwa wanita dalam lukisan tersebut sudah hilang. Ketika berjalan ke lobi penginapan ikuti lelaki pemilik penginapan jaga jarak sampai dia berada di lukisan wanita tersebut, lihat event dan alasannya (kalau lelaki pemiliki penginapan tersebut tidak datang, ulangi cara yang sama dari awal), Misi selesai.
3) Tentang Brankas dalam kamar mansion kaki bukit di luar desa. Kali ini Zack harus membuka brankas di lantai 2. Passwordnya acak setiap kali membuat save game, jadi harus melakukan hal berikut untuk jika ingin mendapatkannya.

1st – Knowledge Overflowing, pergi ke lantai 2, di sebelah kanan akan ada ruangan, lihat melalui lubang kunci dan hitung berapa banyak buku yang tidak diletakkan secara rapi di rak buku (buku yang terbuka dan diletakkan di atas lemari)
2nd – Unwelcome Faces, pergi ke lantai 1, di sebelah kanan akan ada ruangan, hitung berapa banyak monster labu disana (mereka akan segera menghilang, jadi cepatlah)
3rd – Tasty Reminder of Home, pergi ke lantai 2, di sebelah kiri akan ada ruangan, hitung berapa banyak kaleng yang memiliki apel warna ungu di dalamnya.
4th – Resting On Four Feet, pergi ke lantai 1, di sebelah kiri akan ada ruangan, hitung berapa banyak kursi berkaki empat disana.

4) Tentang Monster Bomb yang langka. Monster bomb tersebut berada di sebelah kanan jalan di gunung nibel dimana ada jalan buntu yang ada anak-anak kecil disana. Kalahkan mereka sebelum menghancurkan dirinya sendiri. Kamu akan mendapatkan beberapa item, bawalah ke anak kecil di Nibelheim tersebut.
5) Tentang Ruang Bawah Tanah Mansion. Kamu harus melanjutkan jalan cerita sampai Sephiroth pergi menuju ruang bawah tanah untuk membaca buku disana. Kalahkan monster-monster yang ada untuk mendapatkan kunci. Gunakan kunci tersebut untuk membuka peti mati di lantai 2 ruang bawah tanah tersebut. Buka peti mati tempat Vincent Valentine tertidur (peti mati yang tidak ada monster serangga didalamnya), bicara lagi dengan anak kecil tersebut. Jangan sekali-kali berbicara pada Sephiroth atau dia akan membakar seluruh kota!
6) Setelah kamu berbicara dengan anak kecil tersebut, kamu dapat membuat Sephiroth membakar Nibelheim. Setelah itu kamu akan melihat anak kecil tersebut di depan mansion. Kamu harus menyelamatkan ibu anak kecil ini dalam 1 menit, dia ada di lantai 2. Kamu harus berbicara dengannya dan kamu harus pergi keluar menuju tempat awal. Kamu tak kan mendapatkan kesempatan kedua kalau kamu gagal, hati-hati dan cepatlah!
7) Setelah kamu menyelesaikan semua misi diatas, lanjutkan ke cerita utama dimana kamu melarikan diri dari Nibelheim's Mansion. Kamu akan menerima emal dari anak tersebut, bacalah. Kamu akan menemukan cahaya merah di jalan yang menuju keluar mansion tersebut, dapatkan materia dari cahaya merah tersebut.

MT. NIBEL REACTOR
Ingat event saat Ayah Tifa membuat foto bersama Zack, Sephiroth dan Tifa? Kamu akan sampai di Mt. Nibel Reactor. Setelah event, bicara dengan Sephiroth di depan valve. Setelah event, lawanlah G-Delta dan G-Legion. Keluarlah dari area ini menuju Mt. Nibel

MT. NIBEL
Ikuti jalan, saat ada persimpangan ambil jalan ke kiri untuk mengambil 3 item, kembali ke persimpangan dan pergilah ke arah keluar. Masukilah Nibelheim.

NIBELHEIM
Lihat event, turunlah ke bawah. Setelah Tifa berbicara denganmu, pergilah keluar. Bicaralah dengan prajurit disitu, naiki tangga, masuki Nibelheim Mansion.

NIBELHEIM MANSION
Bicara pada Cloud di tangga, ikuti dia ke sayap kanan. Masuki basement. Di dalam, turuni tangga di sebelah kanan sekali, putar kamera sedikit, turuni tangga yang ada. Setelah sampai di bawah, pergilah ke arah selatan terus, masuki pintu, lihat event dengan Sephiroth. Bicara dengan Sephiroth dan keluarlah ke arah basement. Lihat event terbakarnya Nibelheim dan adegan khas Sephiroth in Fire. Ikuti ia pergi ke arah mountain Nibel. Dari sini, pergilah ke Reactor Nibel.

MT. NIBEL REACTOR
Bicaralah dengan Tifa yang pingsan di dalam. Lihat event Last Order disini. Lawanlah Sephiroth.
Boss : SEPHIROTH #1
Serang dia dan menghindar. Kalau dia sampai menggunakan Eight Flashing Blades miliknya, gunakan Potion secepatnya sebelum ia membantaimu. Agak menjauh darinya, serang menggunakan Blizzara atau Fira.
Boss : SEPHIROTH #2
Di pertarungan kedua ini, kamu harus berhati-hati, kalau Sephiroth berhasil mendorongmu jatuh ke belakang, akan muncul layar Game Over. Gunakan trik yang sama saat kamu melawan Sephiroth sebelumnya.
Lihat event. Save.

CHAPTER 9 - NIBELHEIM MANSION
Chapter dibuka dengan event dimana Zack menjadi bahan sample Hojo bersama dengan Cloud. Setelah ia terbangun, periksa tubuh ilmuwan yang dipukul pingsan oleh Zack. Keluarlah dari sini, bawa Cloud pergi menuju Desa Nibelheim.

NIBELHEIM
Disini, akan ada beberapa pertarungan. Bantai semua prajurit Shinra yang ada sebelum mereka membawa lari Cloud, setelah battle berakhir, secepatnya dekati Cloud.

NIBELHEIM MANSION
Pergilah ke sayap kiri mansion, masuki ke pintu sebelah kiri. Buka lemari di sebelah kiri untuk ambil seragam Soldier, buka lemari sebelah kanan, ambil 5000 Gil. Kembalilah ke tempat Cloud dan bicaralah dengan dia.

NIBELHEIM
Kelilingi tempat ini, bantai beberapa musuh yang ada. Pergilah ke arah pintu keluar dan lihat event.

NIBELHEIM FIELD
Berhati-hatilah dengan mesin pengintai disepanjang jalan. Gunakan senapan yang terletak di pinggir jalan untuk menembaknya secara diam-diam (pilih opsi pertama). Usahakan menembak kaki mesin atau belakangnya, karena kalau ditembak tamengnya, damage yang dihasilkan kurang terasa. Kalau kamu bisa menembak sensor di atas kepalanya, mesin tersebut akan langsung mati.

Kontrol :
Kotak : Zoom
X : Keluar
Lingkaran : Tembak
D-Pad / Analog : Mengarahkan target

Sampai diujung pantai, akan ada event dengan Cissnei.

MIDGAR ROAD
Ikuti event dengan Genesis, lawan boss.
Boss : G-ELIMINATOR
Musuh yang ini sungguh menjengkelkan. Selain karena daya serangnya tinggi, Firaga miliknya sangat mengganggu. Sering-sering gunakan magic Blizzara (kalau ada Blizzaga) kepadanya. Pastikan HP selalu penuh walaupun hanya berkurang sedikit, karena sekali dia melakukan serangan, damage yang dihasilkan sangat besar. Kalau D.M.W yang muncul adalah Lucky Star, langsung serang monster ini segila mungkin. Usahakan untuk tidak sampai Game Over di pertarungan ini, karena kalau tidak, kamu harus mengulangi event yang sangat lama.

MELTDOWN
Setelah cutscene. Masuklah ke dalam, di kanan atas bicaralah dengan orang disini, cek peti yang terkurung jeruji, pilih opsi pertama untuk menebasnya. Ambil 6000 Gil di dalamnya. Buka juga peti diatas 2 buah drum, lawan 1 Gryphoon dan dapatkan Materia Aspiga. Teruskan ke arah desa Gongaga.

GONGAGA VILLAGE
Teruskan ke dalam, lihat event dengan Cissnei. Teruskan ke dalam gunung, dimana Zack melihat Angeal. Lawanlah G-Slayer dan G-Predator. Setelah event, kembalilah ke tempat Cloud dan lawanlah Hollander.
Boss : HOLLANDER
Boss yang sangat berbahaya, kamu memiliki sebuah Phoenix Down, saya sarankan untuk menggunakannya. Apabila ia mengeluarkan ulat-ulatnya, bantailah secepatnya sebelum ia meminum cairan yang bisa membuat dia mengeluarkan Bad Breath yang memberikan semua status buruk untuk Zack (kalau sudah terkena, secepatnya gunakan Remedy). Mengapa saya suruh memakan Phoenix Down? Disaat akhir ada kemungkinan dia akan mengeluarkan roket yang memberikan damage sangat luar biasa untuk Zack.
Lihat event percakapan Zack dengan Lazard yang telah bersayap. Save.

FINAL CHAPTER
Nikmati event di Banora Outskirts. Pergilah ke Banora Ruins dekati kawah pilih opsi pertama (Go Down). Nikmati event di Depts of Judgment lalu pergilah kearah tangga menuju Factory Basement kumpulkan 4 Materia dari wilayah ini (Light Materia, Heaven Materia, Ground Materia dan Star Materia). Selanjutnya berpindahlah ke Lake of Oblivion kumpulkan 3 materia dari wilayah ini (Being Materia, Life Materia dan Sabbath Materia) hati-hati dengan Genesis Judecca di Air Mancur Materia (Hee… sedikit aneh kedengarannya bagiku, ada Sabat ada Yahudi) atau lihat MAP! (Posisi Materia sudah ditunjukkan dengan titik warna merah), setelah terkumpul tujuh masuklah ke Portal of Severance, lihat event.
Pastikan bahwa level Zack sudah diatas 45, karena boss terakhir ini cukup merepotkan. Siapkan semua equipment, materia, sembuhkan HPmu, selesaikan semua misi yang ingin diselesaikan. Siaplah untuk pertarungan terakhir.
Boss : G-REGICIDE
Gunakan trik yang sama seperti saat melawan G-Eliminator. Namun musuh yang ini bisa dibilang SANGAT merepotkan dan damage yang dihasilkan SANGAT fatal. Gunakan magic, dan trik hit & run!
Masuklah ke dalam, pilih opsi pertama. Lihat event.
Final Boss : GENESIS TRANSFORMATION
Oke, saat dia menaruh pedangnya diatas, gunakan magic tipe Fire atau Blizzard untuk menyerangnya. Kalau dia mengeluarkan Gravity, hindarilah semampumu. Saat tangan dia sudah mulai turun, mulai serang dia terus-terusan menggunakan serangan fisik. Perhatikan HP baik-baik. Hati-hati, ketika dia berubah serangan miliknya jauh lebih besar menimbulkan damage dibandingkan saat dia di pertarungan sebelumnya. Namun kecepatan dia jauh lebih berkurang. Cukup pakai trik yang sama seperti bos lain dan hit and run. Pertarungan ini akan sangat lama sekali, bersabarlah.

Saksikan cutscene yang indah, dilanjutkan dengan peperangan dengan sepasukan prajurit Shinra. Saat bertempur, terimalah damage apa adanya (harus mengalah). Sampai battle kedua dimana Aerith sudah tidak muncul di D.M.W. Duduk dan nikmati Endingnya dengan tenang.

6 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas tips nya, lagi nostalgia mau main lagi, oh ya sekarang lagi belajar blogging, silahkan berkunjung di blog saya dan minta tolong di berikan komentar

    nicepaper.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Saya masih bingung cara mainnya,apa nggak bisa ganti baju ya

    BalasHapus
  3. Min cara dapetin kunci buat buka sell di howling fang gimana,biar bisa lawan monsternya.Dan portal of saverance itu letaknnya dmna ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalahkan semua pasukan Genesis di Lake Oblivian, lalu akan ada cutscene jembatan cahaya.

      Telusuri jembatan tersebut sampai tiba dipenjara dan dapatkan semua kotak harta karun lalu bukalah beberapa sel tahanan yang berisi kotak dan lubang dinding.

      Hapus
  4. Gua udah ngumpulin 7materia tapi tetep gk bisa buka tu gerbang hehh

    BalasHapus