"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 17 April 2014

SUDUT BARBEQUE

Aktivitas barbeque sering dimanfaatkan untuk mempererat tali komunikasi dalam suatu keluarga. Kegiatan ini memerlukan tempat khusus, karena menghasilkan limbah asap yang ada kalanya mengganggu. Oleh karena itu, pada umumnya barbeque dilakukan di luar rumah. Sarana untuk melakukan kegiatan barbeque tersebut ada beragam jenis, dari mulai yang sederhana seperti panggangan milik “abang” sate, sampai ke bentuk yang lebih kompleks lengkap dengan kaki beroda dan tutupnya. Tetapi bagi mereka yang sering melakukan aktivitas ini, dibuat sebuah tempat khusus yang permanen pada salah satu sudut ruang luar taman. Dengan demikian kegiatan barbeque dapat dilakukan kapan saja. Selain itu jika tempat barbeque ditata dengan tampilan menarik, akan memberi nilai “plus” bagi tampilan suatu taman.
Dengan menampilkan seperangkat barbeque permanen pada salah satu sudut taman yang di tata alami di teras samping yang berdampingan dengan kolam ikan. Dengan demikian, ikan hasil tangkapan dari kolam keluarga, dapat langsung diolah dan dibakar, untuk selanjutnya dinikmati kelezatannya di teras rumah. Semuanya dilakukan pada satu lokasi yang tidak terlalu jauh, sehingga lebih praktis.
Perangkat barbeque dibuat dari batu bata ekspes dengan pola lengkung berbentuk setengah silinder dengan bidang tertutup di sisi belakang (untuk menghalangi angin) bar terbuka ke arah depan. Bidang lengkung dibuat lebar dengan pertimbangan dapat digunakan untuk meletakkan segala perlengkapan seperti piring. bumbu dan sendok. Bidang tersebut digunakan untuk tempat memanggang makanan lengkap dengan jeruji besi. Jeruji besi dibuat sedemikian rupa sehingga dapat ditarik untuk memudahkan pengisian arang dan membuang kotoran abu panggangannya. Bagian bawah dimanfaatkan untuk ruang simpan segala perlengkapan yang diberi penutup dari badan besi.
Karena penempatan bardeque di luar rumah, maka sebaiknya digunakan badan yang tahan terhadap cuaca. Bahan-bahan alami seperti batu bata dan batu alam serta besi menjadi pilihan yang terbaik, sedangkan kayu, jarang digunakan karena mudah terbakar di samping bisa lapuk dan dimakan rayap. Saat tidak digunakan, perangkat barbeque ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menempatkan tanaman hias pot. Serasikanlah gaya perangkat ini dengan gaya taman keseluruhan. Bahan batu alam seperti ilustrasi di atas, serasi bila dipadukan dengan taman bergaya alami. Dengan demikian sebagai salah satu unsur hardscape, kehadiran peranti barbeque ini dapat menyatu dengan rumah dan menambah elok tampilan taman secara keseluruhan.
--------------------------------
GRIYA ASRI, Sudut Barbeque, Viva Rahwidiyasa, Edisi No. 215 / 019 – Juli – 2001, halaman 60-61.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar