"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 07 April 2014

TENTANG GAMIS (8)

Abu Sa’id Alkhudry r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : kain sarung seseorang muslim sampai ke tengah-tengah betis, dan tidak mengapa yang di antara itu dengan mata kaki, dan yang di bawah mata kaki, maka itu bagian neraka. Dan siapa yang menurunkan sarung di bawah mata kaki karena sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya. (HR. Abu Dawud).

Ibn Umar r.a. berkata : Ketika saya berjalan di depan Nabi s.a.w. ketika itu kain saya agak rendah, maka Nabi berkata : Hai Abdullah tinggikan sarungmu, maka saya naikkan. Nabi berkata : Naikkan pula. Maka saya naikkan. Kemudian selalu saya jaga sarung saya sebagaimana petunjuk Nabi itu. Orang bertanya kepada Abdullah : Sampai di mana tingginya? Jawab Abdullah : Sampai tengah-tengah betis. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 10-11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar