"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 17 April 2014

ADAB KESOPANAN DAN PERATURAN TIDUR DAN BACAANNYA (1)

Al-Barra’ bin Azib r.a. berkata : Adalah Rasulullah s.a.w. jika akan tidur miring ke sebelah kanan membaca : ALLAHUMMA ASLAMTU NAFSI ILAIKA WAWAJJAHTU WAJHI ILAIKA WA FAWWADLTU AMRI ILAIKA WA ALJA’TU DHOHRI ILAIKA ROGHBATAN WAROHBATAN ILAIKA LAA MALJA’A WALA MANJA MINKA ILLA ILAIKA AAMANTU BIKITABIKALLADZI ANZALTA WA NABIYYIKALLADZI ARSALTA. (Ya Allah saya menyerahkan diriku kepada Engkau dan menghadapkan mukaku kepada-Mu, dan menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepada-Mu, tiada perlindungan dan tiada tempat selamat daripada siksa-Mu kecuali kembali kepada-Mu. Saya percaya kepada kitab yang Engkau turunkan dan Nabi yang telah Engkau utus. (HR. Buchary).

Dalam lain riwayat yang diriwayatkan Buchary dan Muslim : Rasulullah s.a.w. mengajarkan kepada saya : Jika kau akan tidur maka wudlu’lah bagaikan kau akan sholat, kemudian berbaring atas pinggang kanan dan bacalah do’a ini (yang tersebut diatas) dan jadikanlah bacaan do’a itu yang terakhir dari bacaanmu (perkataanmu). (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 19-20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar