"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 27 Mei 2013

SIFAT SHOLAT (25)

Dari Hasan bin Ali r.a., bahwasanya ia berkata; Rasulullah s.a.w. telah mengajarkan beberapa kalimat yang saya baca pada waktu sholat witir (yang artinya): “Ya Allah berilah kami petunjuk sebagai orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, dan sehatkanlah hamba sebagai orang-orang yang telah Engkau sehatkan, dan pimpinlah hamba sebagai orang-orang yang telah Engkau pimpin, dan berkahilah hamba pada apa-apa yang Engkau berikan, dan jagalah hamba dari kejahatan yang Engkau telah pastikan, karena Engkaulah yang menghukum dan tidak dihukum, dan sungguh tidak akan hina orang yang Engkau pimpin, maha berkah Engkau ya Allah dan maha luhur”. Dikeluarkan oleh Imam yang Lima. Dan ditambah oleh Thabrany dan Baihaqy: “Dan tidak akan mulia orang yang telah Engkau musuhi”. Dari jalan lain Nasa’i menambah di akhirnya (yang artinya): “Semoga Allah berikan shalawat kepada Nabi s.a.w. dan seterusnya”.

Hadits ini diperselisihkan tentang shahihnya oleh ulama-ulama hadits, walaupun shahih, tapi do’a qunut itu adalah untuk sholat witir, bukan untuk sholat Shubuh.
----------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 114-115.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar