"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 08 Mei 2013

SIFAT SHOLAT (6)

Dari ‘Aisyah r.a.., ia berkata; Adalah Rasulullah s.a.w. beriftitah (memulai) sholat dengan takbir, dan memulai membaca (Qur’an) dengan Alhamdulillahirabbil’alamin, dan apabila beliau ruku’ tidak menegakkan kepalanya dan tidak menundukkannya sekali, tapi di antara kedua hal itu. Dan apabila beliau bangkit dari ruku’beliau tidak terus sujud sehingga tegak berdiri dan apabila beliau mengangkat kepalanya dan sujud, beliau tidak terus sujud (kedua kali) sehingga duduk dengan tegak. Dan di tiap-tiap dua raka’at beliau membaca “Attahiyyat”. Dan adalah beliau (waktu duduk attahiyyat itu) membentangkan kakinya yang kiri, dan menegakkan yang kanan. Dan adalah beliau melarang dari “uqbatusyaithan” dan melarang pula seorang membentangkan dua tangannya seperti binatang buas. Dan adalah beliau menyudahi sholatnya dengan salam. Dikeluarkan oleh Muslim, dan padanya ada ‘illah.

“Uqbatussyaithan” = duduk di atas dua tumit yang ditegakkan.
‘Illahnya ialah karena Muslim meriwayatkan dari Abil-jauza dari Aisyah. Kata Ibnu Abdilbarr : Hadits ini mursal, sebab-sebab Abil-jauza tidak mendengar dari Aisyah.
---------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 101-102.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar