"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 20 Mei 2013

AL-JABBARU

AL-JABBARU (الْجَبَّارُ) artinya, الله سبحانه وتعالى. Yang Maha Perkasa, tidak berkehendak kepada pertolongan, bijaksana memerintah seluruh Alam.
Apabila datang perintah Allah, semuanya tunduk mengikut perintah-Nya. Perhatikanlah angin yang bertiup kencang dapat menumbangkan pohon-pohon besar, bergelimpangan rubuh di jalan-jalan, bahkan rumah-rumah pun ada yang diterbangkannya genteng-gentengnya, semuanya itu berlakunya karena izin Allah. Tidak seorang pun manusia yang dapat berkutik apabila datang malapetaka.
Zaman sekarang telah banyak yang kita dengar dan lihat tanda-tanda kekuasaan Allah, baIk kejadian itu di dalam negeri ataupun di luar negri, seperti air laut pasang surut mencapai ketinggian puluhan meter, melanda dan memusnahkan kota-kota dan kampung-kampung, walaupun jauh dari lautan. Demikian pula gempa bumi yang meruntuhkan rumah-rumah, telah banyak kurban berguguran, tak sempat melarikan diri karena datangnya dengan tiba-tiba. Semua peristiwa itu terjadi karena titah Allah yang menyuruh berbuat demikian.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr ayat 23 yang artinya :
“Dia Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Memerintah Alam, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang memiliki Segala Keagungan. Maha Suci Allah daripada apa-apa yang mereka persekutukan.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 19-20.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar