"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 16 Mei 2013

SIFAT SHOLAT (14)

Dari Abu Qatadah r.a . ia berkata Adalah Rasulullah s.a.w. sholat beserta kami; pada sholat Dhuhur dan Ashar dalam dua raka’at pertama, beliau membaca Fatihah dan dua Surat, dan kadang-kadang ayat yang dibaca beliau itu didengar oleh kami, dan beliau memanjangkan raka’at yang pertama itu; dan dalam dua raka’at terakhir beliau membaca fatihatul-kitab saja. Muttafaq ‘alaih.

Dari Abu Sa’id Alkhudriyyi r.a., ia berkata : Kami pernah mengukur lamanya Rasulullah s.a.w. sholat Dhuhur dan ‘Ashar, maka kami dapati berdirinya di dua raka’at yang pertama dari Zhuhur, kira-kira (sama dengan membaca) Alif lammim Tanzil Assajdah dan pada dua raka’at terakhir kira-kira setengahnya. Dan pada dua raka’at pertama sholat ‘Ashar seperti dua raka’at terakhir dalam sholat Zhuhur, dan dua raka’at terakhir, setengahnya dari itu. Diriwayatkan oleh Muslim.


Dari Sulaiman bin Yasar r.a. ia berkata : Adalah si Fulan memanjangkan dua rakaat pertama dalam sholat Dhuhur, dan memendekkan sholat ‘Ashar, dan di sholat Maghrib membaca mufashal yang pendek-pendek, dan di sholat ‘Isya’ ia membaca mufashal yang sedang, dan di sholat Shubuh membaca mufashal yang panjang-panjang. Maka Abu Hurairah berkata : “Aku belum pernah sholat di belakang seseorang yang paling menyerupai. Rasulullah sholatnya daripada sholatnya orang ini”. Dikeluarkan oleh Nasa’i dengan sanad yang shahih.

Mufashal = dan surat Al-Hujurat sampai 7 surat sesudahnya, dinamakan mufashal yang pendek. Sesudah itu, hingga An-Naba (amma) dinaniakan mufashal panjang dan yang sedang mulai ‘amma hingga dluha.

Dari Jubair bin Muth’im r.a., ia berkata ; Saya mendengar Rasulullah s.a.w. membaca surat At-Thur dalam sholat Maghrib. Muttafaq ‘alaih.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata ; Adalah Rasulullah sa.w. dalam sholat Shubuh di hari Jum’at membaca : Alif Lam Mim Tanzil Assajdah, dan Hal Ata ‘Alal Insan.
Muttafaq ‘alaih.

Dan dalam riwayat Thabrany dan hadits Ibnu Mas’ud; Dan beliau mendawamkan demikian.
-------------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 106-109.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar