"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 21 Mei 2013

SIFAT SHOLAT (19)

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata ; Rasulullah s.a.w. bersabda : “Aku diperintah sujud atas tujuh tulang : Atas dahi, dan beliau menunjuk akan hidungnya, dan atas dua tangan, dan atas dua lutut, dan atas ujung-ujung dua kaki”. Muttafaq ‘alaih.

Dari Ibnu Buhainah r.a.; Bahwasanya Rasulullah s.a.w. apabila sholat dan sedang sujud, beliau renggangkan antara dua tangannya sehingga terlihat putih dua ketiaknya. Muttafaq ‘alaih.

Dari Al-Barra bin ‘Azib r.a., ia berkata Rasulullah s.a.w. bersabda : “Apabila engkau sujud, letakkanlah dua telapak tanganmu, dan angkatlah dua sikutmu”. Diriwayatkan oleh Muslim.

Dari Wail bin Hujr r.a.; Bahwasanya Nabi s.a.w. apabila ruku’, beliau renggangkan antara jari-jarinya dan apabila sujud beliau merapatkan jari-jarinya. Diriwayatkan oleh Hakim.
--------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 111-112.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar