"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 26 Mei 2013

AL-BAARI’U

AL-BAARI’U (الْبَارِؤُ) artinya Yang Maha Pembuat, mengadakan sesuatu yang bernyawa yang ada asal mulanya, yang menyembuhkan segala penyakit atau yang menyatakan segala yang gaib, yang menjadikan makhluk dalam sifat yang harmonis, serasi tidak ada pertentangan yang menyalahi hikmat wujud.
Allah s.w.t. menjadikan makhluq hidup dari yang mati, dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, seumpama ayam dari telur dan telur dari ayam dan sebagainya, semuanya itu menunjukkan ke-Agungan Allah dan ke-Kuasaan-Nya.
Dan itu semua nama yang baik-baik itu adalah kepunyaan Allah yang berjumlah 99 macam. Maka serulah Allah dengan namanya yang mana saja dan jumlah yang tersebut itu.
Begitupun الله سبحانه وتعالى menyatakan soal yang gaib-gaib, seperti apa yang akan terjadi.bilamana mati telah datang, atau datangnya hari kiamat, soal surga, neraka dan sebagainya, semuanya itu kita ketahui dan الله سبحانه وتعالى dengan firman-Nya yang termaktub dalam kitab suci-Nya (Al-Qur’an). Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr ayat 24 yang artinya :
“Dialah Allah Yang Menjadikan, Yang Mengadakan (dari tidak ada menjadi ada) Yang Membentuk Rupa (membaguskannya), bagi-Nya beberapa nama yang paling baik. Tasbih kepada-Nya apa-apa yang di langit dan di bumi. Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” --------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 22-23.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 16-17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar