"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 12 Mei 2013

AS-SALAAMU

AS-SALAAMU (السَّلَا مُ) artinya, Yang Mengamankan dari segala macam ketakutan atau dari macam-macam yang merusakkan dan membinasakan dan Tuhanlah yang menyelamatkan hamba-Nya.
Jadi apabila anda dalam musibah atau bahaya, bermohonlah kepada Allah dengan nama-Nya yang mulia ini, agar bahaya dan musibah itu berganti dengan anugerah dan ni’mat, semoga dikabulkan-Nya. Nabi Yunusعليه  السلام ketika dalam pelayaran, kapalnya diombang-ambingkan oleh ombak besar hampir tenggelam dan muatannya terlalu banyak, akhirnya dia sendiri terjun ke dalam laut, ditelan oleh ikan besar, dan beberapa malam dia berada dalam perut ikan itu. Andaikata beliau bukan seorang rasul Allah, entah apalah yang akan terjadi, tapi beliau menyeru Allah, memohon agar dilepaskan dari dalam perut ikan, maka dengan pertolongan Allah keluarlah beliau dari perut ikan dengan selamat.
Untuk mengetahui sejarah ini, baca buku Qishashul, Anbiya’. Begitu pula keselamatan yang diberikan Allah kepada rasul-Nya Nabi Nuh عليه السلام, Nabi Ibrahim عليه السلام dan lain-lainnya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Quran surat Ash-Shaffat ayat 79 yang artinya :
“Keselamatan yang diberikan Allah atas Nabi Nuh pada alam ini.”

Nabi Nuh عليه السلام selamat dari bahaya banjir besar ketika dunia menjadi lautan, semua orang kafir habis musnah dilanda banjir yang hebat itu, kecuali yang selamat, Nabi Nuh عليه السلام beserta pengikut-pengikutnya yang beriman kepada Allah. Begitu pula keselamatan yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim عليه السلام, beliau dibakar oleh kaumnya dengan api yang bernyala-nyala, tapi dengan pertolongan Allah, api itu dingin untuk Nabi Ibrahim عليه السلام.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ash- Shaf fat ayat 109 yang artinya :
“Keselamatan yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim a.s.”
Masih banyak lagi hal-hal seperti ini yang tidak saya sebutkan satu persatunya. Jadi الله سبحانه وتعالى yang mendatangkan keselamatan, dan sebab itu Allah disebut “Assalam”.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 14-15.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 12-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar