"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 04 Mei 2013

AR-RAHMAANU

AR-RAHMAANU (الرَّحْمَٰنُ) artinya Maha Pemurah atau sangat Pengasih.
Diambil dari asal kata rahmah yang artinya belas kasihan. Belas kasihan yang sempurna ialah melimpahkan kasih saying kepada semua makhluk sama ada yang berhak maupun yang tidak berhak menerimanya, sifat Arrahmaan merata kepada semua kaum Muslimin juga kepada kafir, kepada orang yang taat kepada Allah dan kepada orang yang membuat durhaka kepada-Nya.
Allah mempunyai sifat Pengasih, diberi-Nya hamba-Nya anugerah yang banyak dan diampuni-Nya apabila bertobat. Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 110 yang artinya :
“Katakanlah hai Muhammad! Berdo’alah kepada Allah, atau bermohonlah kepada Yang Maha pengasih dengan sembrang nama-Nya. Bagi-Nya nama yang terbaik dan jangan engkau keraskan suaramu dalam sholat dan jangan pula engkau lembutkan dan ambillah jalan pertengahan antara keduanya.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-A’rafayat 151 yang artinya :
“Musa berdo’a : Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa saudaraku, masukkanlah kami ké dalam rahmat Engkau, Engkau Maha Penyayang diantara Maha Penyayang.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 11-12.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar