"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 11 Mei 2013

JUWAIRIA BINTI-HARITH

Juwairia bint’l-Harith termasuk salah seorang tawanan perang Banu Mushtaliq. Dia memang seorang wanita cantik dan manis. Ia jatuh menjadi bagian salah seorang Anshar. Dalam hal ini ia ingin menebus diri, tetapi mengetahui bahwa dia putri seorang pemuka Banu Mushtaliq, dan ayahnya akan mampu menebus berapa saja diminta, maka tebusan yang diminta itu cukup tinggi. Kuatir akan membawa akibat yang melampaui batas, maka Juwairia sendiri segera pergi menemui Nabi, yang ketika itu sedang berada di rumah Aisyah.
“Saya Juwairia putri Al-Harith bin Abi Dzirar, pemimpin masyarakat”. katanya. “Saya mengalami bencana, seperti sudah tuan ketahui tentunya. Tetapi karena saya sudah menjadi milik si anu, maka saya telah memajukan penawaran guna membebaskan diri saya. Kedatangan saya kemari ingin mendapat bantuan tuan mengenai penawanan saya itu.”
“Maukah engkau dengan yang lebih baik dari itu?” tanya Nabi.
“Apa?”
“Saya penuhi penawaranmu dan saya kawin dengan kau.”
Setelah berita itu tersiar, sebagai penghormatan kepada semenda Rasulullah dengan Banu Mushtaliq, tawanan-tawanan perang yang ada di tangan mereka segera mereka bebaskan; sehingga mengenai Juwairia ini Aisyah pernah berkata : Tak pernah saya lihat ada seorang wanita lebih besar membawa keuntungan buat golongannya seperti dia ini.

PERKAWINANNYA DENGAN NABI
Demikianlah sebuah sumber menyebutkan. Ada pula sumber lain yang mengatakan. bahwa Al-Harith bin Abi Dzirar datang mengunjungi Nabi hendak menebus putrinya itu, dan dia sendiri pun masuk lslam setelah dia percaya akan ajaran Nabi, dan bahwa dia mengambil Juwairia putrinya yang juga lalu masuk Islam seperti ayahnva. Kemudian Muhammad meminangnya dan mengawininya, dengan mas kawin sebesar 400 dirham.
Seterusnya sumber ketiga menyebutkan, bahwa ayahnya tidak senang dengan perkawinan ini, bahkan dia tidak setuju, dan bahwa yang mengawinkannya dengan Nabi ialah salah seorang kerabatnya tanpa sekehendak ayahnya.
Setelah Muhammad kawin dengan Juwairia, dibuatkannya rumah di samping rumah-rumah istrinya yang lain di dekat mesjid. Dengan demikian ia menjadi Ibu kaum Muslimin pula.
Sementara itu orang di luaran mulai pula berbisik-bisik kenapa Aisyah terlambat di belakang pasukan tentara dan datang bersama Shafwan menumpang untanya, sedang Shafwan seorang pemuda yang tampan dan tegap.
-------------------------------------------
SEJARAH HIDUP MUHAMMAD, Muhammad Husain Haekal, diterbitkan oleh Litera Antar Nusa, Cetakan Kesebelas, Januari 1990, halaman 379-380.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar