"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 21 Oktober 2012

SIFAT IBADAT HAJI DAN MASUK MEKAH (3)

Dan daripadanya r.a., ia berkata; “Nabi s.a.w. menyuruh mereka berlari-lari kecil tiga keliling dan berjalan biasa empat kali keliling antara dua rukun (Hajar Aswad) dan Rukun Yamani”. Muttafaq ‘alaih.

Dari Ibnu Umar r.a.; “Bahwasanya Rasulullah s.aw. apabila thawaf di Baitullah, mula-mula berjalan cepat dengan langkah pendek tiga kali, dan jalan biasa empat kali” Dan dalam sebuah riwayat : “Saya lihat Rasulullah saw. apabila thawaf dalam haji atau ‘umrah, pertama datang, beliau berjalan cepat tiga kali di Baitullah dan jalan biasa empat kali”
. Muttafaq ‘alaih.

Dari padanya r.a., Ia berkata “Saya tidak pernah melihat Rasulullah s.a.w. menjamah di Baitullah melainkan dua rukun Alyamani, ialah penjuru Hajar Aswad dan penjuru Yamani”
. Diriwayatkan oleh Muslim.
----------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Hajji, halaman 272.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar