"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 07 Oktober 2012

Monumen Gatot Subroto

 WISATA SEJARAH. TravelNusa (Traveler Nusantara). Monumen ini dibangun untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan Jenderal TNI Anumerta Gatot Subroto yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional dengan keputusan Presiden RI No. 222 Tahun 1962. Monumen ini terletak di Berkoh, pintu masuk kota Purwokerto bagian timur  atau dekat dengan bundaran di RSUD Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Monumen ini berbentuk Patung Jenderal Gatot Subroto yang sedang menunggang kuda. Patung ini terbuat dari perunggu seberat 2 ton, dengan ketinggian 4 meter dari kaki kuda sampai topinya. Patung ini berdiri di atas landasan berbentuk silinder beton dengan tinggi 5 meter serta dengan bentuk alas persegi lima, dan dikelilingi taman yang asri seluas 2.270 m². Monumen ini diresmikan tanggal 24 Mei 1982 oleh Menteri Pertahanan Keamanan / Panglima ABRI kala itu, Jenderal TNI M. Jusuf.

1 komentar: