"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 12 Oktober 2012

Arsitektur Rumah Tinggal

SUIKODEN 2. Desain rumah tinggal di game ini sangat menarik dari segi tata ruang, lepas dari segala persyaratan minimal rumah tinggal yang nyaman. Denah rumah tinggal yang menarik dan unik di beberapa kota dalam game ini.

KYARO TOWN
Rumah tinggal di Kyaro Town ini sangat unik. Pintu masuk dilantai dasar langsung bertemu dengan “Genkan” atau Foyer, semacam ruang perantara pembagi ke ruang lain.

DENAH LANTAI DASAR

Denah Lantai Dasar Rumah Kyaro Town
Pintu masuk langsung bertemu dengan ruang perantara atau “Genkan” atau Foyer dan berhubungan dengan ruang tidur utama.

DENAH LANTAI 1
Denah Lantai 1 Rumah Kyaro Town
Setelah melewati ruang perantara atau “Genkan” atau Foyer di lantai ke 1 dihubungkan dengan ruang keluarga yang bisa memantau aktifitas di ruang perantara.

TOTO VILLAGE
Rumah tinggal di Toto Village ini tata ruangnya sangat sederhana dengan dinding pembatas dari kayu. Dari pintu masuk langsung diterima di ruang keluarga atau ruang makan, yang bersatu dengan dapur, lalu dihubungkan dengan kamar tidur bersama.

Denah Rumah Toto Village

RYUBE VILLAGE
Rumah tinggal di Ryube Village ini ada 2 tipe tata ruang, yang menggunakan “Genkan” atau Foyer dan tidak menggunakan “Genkan” atau Foyer. Tata ruang keduanya sederhana sekali dengan dinding pembatas dari kayu.

DENAH RUMAH DENGAN “GENKAN” ATAU FOYER

Denah Rumah Ryube Village dengan Foyer

DENAH RUMAH TANPA “GENKAN” ATAU FOYER
Denah Rumah Ryube Village tanpa Foyer

TWO RIVER CITY
Rumah tinggal di Two River City Human Area ini tata ruangnya sangat sederhana  dengan dinding pembatas dari kayu. Dari pintu masuk langsung bertemu dengan dapur, ruang keluarga dan kamar tidur (seperti rumah tipe RSS (Rumah Sangat Sederhana)).

Denah Rumah Two River City

LAKEWEST TOWN
Rumah tinggal yang berada di Lakewest Town mencerminkan rumah pesisir pantai, rumah dengan lantai 2 ini memanfaatkan kemiringan atap sebagai kamar tidur.

DENAH LANTAI DASAR
Tata ruang di lantai ini sangat sederhana, dari pintu masuk langsung menuju dapur yang tungkunya berfungsi juga sebagai penghangat ruang lalu dihubungkan dengan ruang makan atau ruang keluarga.

Denah Lantai Dasar Rumah Lakewest Town

DENAH LANTAI 1
Untuk mencapai ruang ini melewati ruang makan atau ruang keluarga dengan tangga tegak, karena dilantai atasnya digunakan untuk ruang tidur yang memanfaatkan kemiringan atap.

Denah Lantai 1 Rumah Lakewest Town

DRAKEMOUTH VILLAGE
Rumah tinggal di Drakemouth Village ini tata ruangnya sangat kompleks dengan dinding pembatas dari kayu. Dari pintu masuk di netralkan dengan “Genkan” atau Foyer untuk kemudian di sebar menuju dapur dan ruang inti (ruang keluarga dan kamar tidur).

Denah Rumah Drakemouth Village

TIGERMOUTH VILLAGE
Rumah tinggal di Tigermouth Village ini tata ruangnya juga sangat kompleks dengan dinding pembatas berupa tembok. Dari pintu masuk di netralkan dengan “Genkan” atau Foyer untuk kemudian di sebar menuju dapur dan ruang inti (ruang keluarga dan kamar tidur).

Denah Rumah Tigermouth Village

TINTO CITY
Rumah tinggal di Tinto City ini tata ruangnya tidak jauh berbeda dengan tata ruang rumah tinggal di Drakemouth Village dan Tigermouth Village, tetapi dari segi ukuran ruang lebih kecil dengan dinding pembatas dari tembok. Mungkin menggambarkan padatnya penduduk kota di wilayah bagian timur Negeri Dunan. Dari pintu masuk di netralkan dengan “Genkan” atau Foyer untuk kemudian di sebar menuju dapur dan ruang inti (ruang keluarga dan kamar tidur).

Denah Rumah Tinto City

Tidak ada komentar:

Posting Komentar