"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 30 Oktober 2015

Manfa'at Bertaubat

Di dalam buku "Minhajul 'Abidin"-nya Imam Al-Ghazali yang diterbitkan oleh Penerbit Tenaga Tani Banda Aceh, cetakan pertama, Januari 1986, halaman 51-52, diwajibkannya taubat itu agar mendapatkan 2 manfa'at :
  1. Supaya engkau dapat menghasilkan taufiq ta'at, sebab dosa menjadikan engkau berhalangan untuk mengerjakan ta'at dan mengakibatkan hilangnya ketauhidan; sementara belenggu dosa itu menghalangimu untuk melakukan ta'at dan gesit berhidmat kepada Allah, dan beratnya dosa itu merintangi engkau akan kemudahan mengerjakan kebaikan dan giat dalam ta'at.
  2. Supaya ibadahmu diterima oleh Allah ta'ala, karena kedudukan taubat merupakan pokok dan dasar untuk diterimanya ibadah, dan kedudukan ibadah seolah-olah merupakan tambahan, seperti seorang pemberi hutang, ia tidak akan mau menerima tambahan, jika pokoknya tidak terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar