"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 04 Oktober 2015

Handphone

Nokia 3210
Telepon genggam seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).
Handphone pertama kali di demonstrasiklan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola tahun 1973, menggunakan sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg. Di tahun 1983, DynaTAC 8000x adalah handphone yang pertama kali tersedia secara komersial. Sejak tahun 1990 sampai dengan 2011, pelanggan handphone dunia berkembang dari 12.4 juta hingga menjadi lebih dari 6 milyar pelanggan. Artinya sekitar 87% dari populasi dunia.
Di tahun 2013, pasar Smartphone sekitar 75% lebih di dominasi oleh Smartphone Android yang pertama kali di kembangkan oleh Google di tahun 2008.

Fungsi dan Fitur
Nexian NX-T780
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Sahabat Elektronik
Nokia 6030
Mereka handphone-handphoe terbaik menurutku yang sanggup menemaniku bercengkrama dengan teknologi di mulai dari handphone mono krom, Nokia 3210 (sudah almarhum), handphone mono krom berikutnya Nokia 1200 (masih eksis nemeni cari uang tambahan), handphone layar warna pertamaku; Nokia 6030 (transformasi Nokia 3210 bahasa lainnya tukar tambah, dia teman pertama kali bersosmed dan kinipun sudah almarhum jadi uang); handphone televisi pertamaku, Nexian NX-T780 (dengannya aku nonton TV dan bersosmed, Facebook dan Twitter); handphone sosmed kedua, Nexian NX-6857 (baru setahun bersama, bermasalah dengan touch-screen-nya, sekarang menjadi teman hobiku motret-motret setelah ku ganti touch-screen-nya, dengan tambahan lensa klip wide angle) dan handphone televisi keduaku, Cross C1* (alhamdulillah masih eksis menemaniku mengais rejeki). Meski mereka tidak hebat tetapi mereka adalah teman setia yang mendampingiku apa saja.

Penjualan Agustus 2015
Samsung Grand Prime
Pada awal September 2015, aku iseng-iseng bertanya-tanya ke 3 konter HP di Semarang  di 2 titik, di kawasan Simpang Lima dan di pinggiran kota Semarang (Srondol Kulon - Banyumanik) tentang produk HP yang paling laku dibulan Agustus 2015.
Tiga produk di Sentral Seluler Plasa Simpanglima yang laku keras adalah Samsung Grand Prime, Lenovo A-6000 dan Asus Zenfone 4C. Tiga produk di SMS Shop Plasa Simpanglima Atrium Hall yang laku keras adalah Samsung Grand Prime, Oppo R5 dan Lenovo A-6000. Sedangkan 3 produk di Bali Celuller Ada Swalayan Banyumanik adalah Samsung 1205, Samsung Caramel dan Samsung V Plus.
Hanya kesimpulanku, produk handphone berteknologi mutakhir di tengah kota lebih laku daripada di wilayah pinggiran kota. Sedangkan di pinggiran kota lebih laku handphone dengan teknologi standar, untuk telepon dan SMS-an saja.
--------------------------
Baca :
"Telepon genggam" di laman telkomspeedy.com
"Perkembangan Telepon Genggam dari Masa ke Masa" di Blog-nya Yanuari Yudha Yuliana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar