"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 09 Oktober 2015

Keutamaan Budak Sahaya

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Bagi seorang hamba jika menjalankan amanat tugas majikannya dan beribadat kepada Allah mendapat pahala lipat dua kali. (HR. Buchary dan Muslim).

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Bagi seorang hamba sahaya yang mengenal kewajiban terhadap majikannya dan terhadap Allah, adalah dua kali pahalanya. Demi Allah yang jiwa Abu Hurairah di tangannya, andaikan tidak karena berjihad fisabilillah dan berbuat Haji dan berbakti pada ibu, niscaya saya ingin mati sedang saya menjadi budak. (HR. Buchary dan Muslim).

Abu Musa Al-Asy’ary r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Seorang budak sahaya yang menyempurnakan ibadat kepada Tuhan dan mengerjakan tugas dari majikannya dengan tepat yang berupa nasihat dan taat, maka ia mendapat dua kali pahala. (HR. Buchary).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 305-306.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar