"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 24 September 2013

KURANGI ANGAN-ANGAN (3)

Anas r.a. berkata : Rasulullah s.a.w menggaris beberapa garis, kemudian bersabda : Ini angan-angan manusia dan ini ajalnya, maka ini ajalnya, maka ketika ia sedang sibuk, tiba-tiba datang ajalnya yang terdekat, dari garis garis itu. (HR. Buchary).

Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. membuat gambar segi empat, dan di tengah-tengah ada garis lurus memanjang hingga ke luar garis kotak, dan di samping garis tengah itu ada garis-garis kecil. Lalu Nabi s.a.w. menerangkan : Ini manusia, dan garis persegi itu kurungan ajalnya, sedang garis panjang yang keluar dari batas itu, angan-angan cita-cita manusia, dan garis-garis kecil itu ialah gangguan-gangguan yang selalu menghinggapi manusia, maka bila ia selamat dari yang pertama, mungkin terkena yang kedua, jika ia terhindar dari yang satu terkena yang lain. (HR. Buchary).
 
Inilah gambarnya :
---------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 481-482.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar