"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 14 September 2013

ASH-SHAMADU

ASH-SHAMADU (الصَّمَدُ) artinya, tempat meminta, memohon sesuatu kehadirat الله سبحانه وتعالى, agar Dia memberikan kurnia-Nya menurut apa yang dimohonkan kepada-Nya itu.
Setiap permohonan belum tentu diperkenankan Allah, dan apabila permohonan itu belum terkabul, maka janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah, karena orang yang berputus asa itu tidaklah baik. Meyakini sifat ini kepada Allah ialah bahwa tidak boleh dihadapkan segala hajat dan segala permohonan kita kecuali kepada-Nya, karena berharap kepada makhluk dalam persoalan yang tidak berkuasa makhluk itu untuk memberi, berarti kufur dan syirik.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 87 yang artinya :
“Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.”

Allah Maha Pengasih lagi Penyayang, dan janji Allah itu benar, dan Dia akan mengabulkan permintaan hamba-Nya dengan syarat agar hamba-Nya itu, benar-benar beriman kepada-Nya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya :
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepada engkau hai Muhammad tentang Aku, maka sesungguhnya Aku adalah dekat. Aku perkenankan permohonan orang yang mendo’a, apabila ia berdo’a kepada-Ku, tetapi hendaklah mereka mengikuti perintah-Ku serta beriman kepada-Ku; mudah-mudahan mereka selalu berada dalam kebenaran.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 76-77.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 42-43.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar