"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 03 Juli 2013

AL-KHABIIRU

AL-KHABIIRU (الْخَبِيْرُ) artinya Maha Mengenal, memberi khabar tentang alam gaib dan apa-apa yang tidak diketahui oleh manusia. Yang Maha Mengetahui, artinya yang ilmu-Nya meliputi segala yang ada dialam semesta ini sebagaimana hakikatnya, tidak ada yang luput dari ilmu-Nya sesuatu apapun walau sekecil-kecilnya dilangit dan dibumi.
Manusia tidak dapat menyembunyikan perbuatannya yang buruk di kemudian hari, karena Allah maha memberi khabar dan teliti, tidak lalai, lupa dan sebagainya. Maha suci Allah daripada sifat-sif at kekurangan. Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 16 yang artinya :
“Hai anakku! Kata Luqman : Sesungguhnya, jika ada amalan engkau, amalan baik atau buruk sebesar biji sawi, yang sangat kecil yang tersembunyi dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya dibalas Allah juga, sesungguhnya Allah halus lagi mengetahui atau memberi khabar.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat 58 yang artinya :
“Serahkanlah dirimu kepada Allah yang hidup, yang tiada mati, dan tasbihlah dengan memuji-Nya. Cukuplah Allah mengetahui segala dosa hamba-Nya”.

Jadi mengetahui di sini, bukan semata-mata mengetahui saja, tapi memberitahukan kepada manusia atas dosa-dosa mereka dan membalasinya. Jadi segala perbuatan baik dan buruk tak luput dalam ilmu Allah, Allah Maha Mengetahui terhadap hamba-Nya.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 44-45.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 26.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar