"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 01 Juli 2013

SUJUD SAHWI (1)

Dari Abdullah bin Buhainah r.a. bahwasanya Nabi s a.w. pernah sholat Dhuhur bersama mereka (shahabat-shahabat), beliau berdiri pada dua raka’at yang pertama tidak duduk (attahiyyat, maka orang-orangpun berdiri pula bersama beliau, sehingga setelah beliau menyelesaikan sholatnya dan orang-orang menunggu salamnya, beliau takbir sambil duduk, lalu sujud dua kali sebelum salam. Kemudian beliau salam. Dikeluarkan oleh Imam yang Tujuh (Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i), dan lafadh ini oleh Bukhary, dan pada satu riwayat Muslim “Beliau takbir tiap-tiap sujud sambil duduk; beliau sujud dan orang-orangpun sujud bersama beliau mengganti duduk (attahiyyat) yang beliau lupakan itu.”
------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 124-125.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar