"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 11 Juli 2013

SUJUD SAHWI (11)

Dari Abu Bakrah r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. apabila datang kepada beliau suatu perkara yang menggembirakan beliau tunduk bersujud karena Allah”. Diriwayatkan oleh Imam yang Lima (Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i) kecuali Nasa’i.

Dari Abdurrahman bin Auf r.a, ia berkata; “Nabi s.a.w. pernah sujud dan memanjangkan sujudnya itu, lalu beliau angkat kepalanya, dan bersabda : “Bahwasanya Jibril telah datang padaku dan memberikan kabar gembira kepadaku, maka aku sujud bersyukur kepada Allah”. Diriwayatkan oleh Ahmad dan di sahkan oleh Hakim.

Dari Barra bin ‘Azib r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. telah mengutus Ali ke Yaman”, dan ia sebut Alhadits, dan ia berkata : “Lalu Ali kirim surat kepada Nabi s.a.w. tentang ke Islaman mereka; maka tatkala Nabi s.aw. habis membaca surat itu, beliau tunduk bersujud bersyukur kepada Allah ta’ala atas kejadian itu”. Diriwayatkan oleh Baihaqy dan asalnya dari Bukhary.

Hadits tersebut diatas adalah keterangan “sujud tilawah”.
---------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 132.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar