"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 05 Juli 2013

SUJUD SAHWI (5)

Dari Ibnu Mas’ud r.a.. ia berkata: Rasulullah s.a.w. telah sholat, dan di kala beliau salam dikatakan kepadanya : “Ya Rasulullah, apakah dalam sholat itu ada terjadi sesuatu?”. Beliau bertanya : “Apakah itu?”, mereka berkata :” Fngkau telah sholat begini, begitu”. Ia (Ibnu Mas’ud) berkata : Lalu beliau melihat dua kakinya dan menghadap kiblat, lalu sujud dua kali, kemudian salam, lantas beliau menghadapkan mukanya kepada orang-orang dan bersabda : “Sesungguhnya apabila terjadi sesuatu (perubahan) dalam sholat tentu aku beritahukan kepada kalian; tapi aku ini hanyalah seorang manusia seperti kalian, sering lupa seperti kalian, karenanya apabila aku lupa hendaklah kalian peringatkan akan daku. Dan apabila seseorang di antara kamu ragu-ragu dalam sholatnya, maka hendaklah ia fikirkan mana yang betul, lalu sempurnakanlah (sholat), kemudian sujudlah dua kali”. Muttafaq ‘alaih. Dan pada satu riwayat dari Bukhary : “Kemudian hendaklah ia sempurnakan (sholatnya), lalu salam, kemudian ia sujud”. Dan bagi Muslim : “Bahwasanya Nabi s.a.w. pernah sujud sahwi dua kali setelah salam dan bercakap-cakap”.
---------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 127-128.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar