"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 02 Januari 2016

WalkTrough Final Fantasy 2

Final Fantasy 2. Usai FMV awal, masukkan nama keempat karakter. Nama mereka adalah Firion (Frionel), Maria, Guy (Gus) dan Leon (Leonheart), namun kalian bisa menggantinya kalau mau. Aku akan menggunakan nama versi US mereka, karena aku menulis walktrough ini berdasarkan FF2 Original PSP.
Diawali dengan pelarian Firion dan kawan-kawan, mereka pun terhenti dengan penyerangan mendadak dari 4 orang Black Knight, nikmati saja Battle Phase, pasrah saja dalam menghadapi 4 orang Black Knight ini karena kamu pasti akan kalah!…. Setelah Firion terbangun, ia akan berada di Markas dari “pemberontak Rebel Army” pimpinan Princess Hilda dan tengah mengobrol dengannya dan juga Minwu di Altair Town. Firion bertemu dengan kedua temannya (Maria dan Guy) di depan klinik, sayang Leon tidak bersama dengan mereka, Mereka pun berniat untuk bertanya kepada Princess Hilda, maka Masuklah ke ruangan tengah dan Firion akan mendapatkan Keyword “Wild Rose” darinya.Ia juga akan menyuruh Firion dan kawan-kawan untuk mencari Leon di Fynn. Bicaralah kepada semua orang untuk mendapatkan informasi, ambil Potion di sebelah kiri dan keluarlah dari bangunan tersebut. Keluar dari kota, kamu akan tiba di World Map, tujuanmu sekarang adalah Fynn, Istana besar yang ada di Utara Altair Town. Jika kamu ingin meningkatkan status Chara-mu, lebih baik berkeliling dulu sebelum kamu melanjutkan perjalanan.
Mampirlah ke Gatrea Village, sebuah kota kecil dalam perjalanan Firion dan kawan-kawan menuju Fynn Town, bisa menjadi tempat untuk memulihkan HP, membeli Item, equipment yang dibutuhkan sebelum menuju Fynn Town, tidak banyak yang bisa dilakukan disini, maka lanjutkanlah perjalananmu menuju Fynn Town yang berada di utara memutar melewati danau.
Fynn Town, yang perlu diperhatikan disini, jangan berbicara dengan para Imperial Soldier disini, jika tidak maka kamu akan melawan mereka dan itu sulit di kondisi party-mu  yang masih baru memulai perjalanan, berjalanlah ke sisi Utara Kota, berputarlah ke kanan menyusuri tembok kota dan hutan agar sampai di sebuah PUB. Masuk dan bicaralah kepada Bartender yang ada di Pojok Kanan Atas. Berikan ia Keyword “Wild Rose” maka ia akan membukakakan jalan Rahasia yang ada di sebelah kirinya. Masuk dan ambil item terlebih dahulu, dan bicaralah pada Scott, Pangeran Kashuan, ia akan memintamu untuk memberikan pesan terakhirnya kepada Hilda, ia juga akan memberikanmu sebuah Key Item “Ring” sebelum ia mati. Setelah Scene yang memilukan, maka kembalilah ke Altair Town untuk memberikan informasi yang kamu dapatkan dan juga menyerahkan Ring kepada princess Hilda.
Altair Town. Temui princess Hilda, berikan Ring kepadanya dan ia pun akan meyuruhmu untuk mencari Mythril, untuk itu Firion dan kawan-kawan harus berbicara dengan Josef yang berada di kota Salamand Town karena ia yang tahu semua tentang Mythril. Kemudian Bicaralah kepada Minwu (Mindu) maka ia pun akan bergabung dengan Firion dan kawan-kawan, Firion juga akan mendapatkan Key Item “Canoe”, sebuah key item yang mampu membuat Firion dan kawan-kawan menyeberangi sungai ataupun danau.
Kini pergilah ke utara sampai menemukan sebuah danau itu ke arah Timur, maka Firion dan kawan-kawan akan sampai di sebuah kota bernama Paloom Town. Berbicara dengan seorang pelaut yang berdiri di dekat pintu. Masuk kota ini, maka kamu akan ditawarkan untuk berlayar menggunakan kapalnya seharga 32 Gil. Keluar dari kota lalu masuklah Kapal yang ada di World Map, dengan sendirinya Firion dan kawan-kawan akan diantarkan menuju kota Poft
Sesampainya di Poft, Firion dan kawan-kawan bisa naik sebuah Airship yang sebelumnya bicara dengan Assisten-nya Cid yang ada di PUB, tapi biaya yang ditawarkan terlalu mahal untuk saat ini, jadi lebih baik simpan uangmu dan keluarlah dari kota tersebut. Di World Map berjalanlah menuju Barat laut dari kota Poft, maka akan terlihat sebuah pegunungan bersalju dan temukan sebuah kota, itulah Salamand yang menjadi tujuannya.
Sesampainya di Salamand Town, belilah beberapa perlengkapan yang menurutmu berguna karena kita akan masuk ke dungeon nantinya, setelah membeli perlengkapan yang dibutuhkan maka temui Josef yang tinggal di rumah sisi timur laut (kanan atas) kota. Ia akan menyuruh Firion dan kawan-kawan untuk membebaskan seluruh Penduduk yang disandera oleh Palamecian di dalam Semitt Falls.
Semittt Falls adalah sebuah gua yang berada di dekat air terjun, untuk mencapai kesana dari Salamand hanya perlu berjalan ke arah Barat sampai kamu menemukan sungai, lalu ikuti Sungai tersebut ke arah Timur, nantinya akan terlihat Gua. Save Game-mu dan bertarung.
Semitt Falls. Di B1 berjalanlah ke arah barat dan akan menemukan sebuah persimpangan, ambil jalan yang menuju ke arah barat terlebih dahulu untuk mengambil 200 Gil, kembali ke persimpangan lalu ambil jalan yang ke kanan lalu ke bawah dan akhirnya ke kanan untuk mengambil treasure yang berisikan 200 Gil. Selanjutnya pergilah ke arah barat untuk menuju tangga selanjutnya.
Lantai B2 Semitt Falls, pergilah keatas maka akan bertemu dengan sebuah persimpangan, jalan ke kiri atas mengarahkan kepada treasure, jalan ke kanan atas juga akan membawa kepada sebuah treasure item. Sedangkan bila ke kanan bawah akan mencapai lantai berikutnya, pilih pintu yang paling kiri. Di lantai ini (B3 Semitt Falls), berjalanlah ke bawah sehingga akan menemukan sebuah treasure, setelah itu berjalanlah ke arah barat sampai menemukan 3 buah pintu, pilihlah pintu yang ada di sebelah kiri.
Bicara dengan Paul, maka ia akan membawa seluruh orang yang disandera keluar, lanjutkan perjalanan ke kanan maka akan menemukan tangga yang bisa digunakan untuk menuju lantai B4 Semitt Falls.
B4 Semitt Falls, ikuti  saja jalan sampai di sebuah perempatan, pilihlah jalan yang menuju ke atas, terus ikuti sampai akhirnya ada tangga untuk lantai selanjutnya. Ini adalah lantai terakhir dari Semitt Falls, jika ingin langsung melawan Boss pergilah keatas sehingga akan menemukan dua buah pintu pilihlah pintu yang berada di kiri untuk melawan Boss. Akan tetapi disini jugalah Firion dan kawan-kawan bisa menemukan mini boss yang menjaga sebuah Teleport Tome, ambillah terlebih dahulu jika kamu merasa cukup PD melawan mini boss ini, ia ada di pojok sebelah kanan atas lantai ini.
BOSS : Land Turtle (HP : 140, MP : 0)
Boss yang satu ini akan sangat cukup merepotkan jika Charactermu belum terlalu kuat, yang perlu dilakukan hanyalah terus gunakan Magic Ice kepadanya, ini akan mengurangi HP-nya dengan cepat ketimbang melakukan serangan biasa kepadanya. Setelah sekian lama maka Boss ini pun akan tewas dengan meninggalkan Teleport Tome.
Setelah berhasil mengalahkan Land Turtle, kembali ke tempat dua pintu tadi, masuk ke pintu sebelah kiri. Lawan Boss lagi. BOSS : Sergeant (HP : 420, MP : 10)
Cukup Serang ia dengan Magic seperti yang telah dilakukan kepada Land Turtle, defensenya yang begitu besar pasti akan menyulitkan jika menyerangnya menggunakan serangan fisik. Namun lama-kelamaan ia pun akan musnah.
Ambil Mythril di dalam peti dan segera kembalilah menuju Salamand untuk me-restock kembali perlengkapan dan juga berbicara dengan Josef. Setelah Josef memberikan ucapan terimakasih, kembalilah lagi menuju Altair Town.
Altair Town. temui princess Hilda dan bicaralah kepadanya, setelah itu pergilah ke weapon Shop, berikan Tobul, the best darn blacksmith in the rebel army item Mythril yang baru saja Firion dapatkan maka ia akan membuatkanmu equipment baru yang berbahan dasar Mythril untuk dijual, jika tidak punya cukup Gil lawanlah monster di Semitt Falls lagi sekaligus untuk menaikkan status Charactermu jika malas, abaikan saja saranku untuk membeli perlengkapan Mythril ini dan bergegaslah menemui princess Hilda.
Bicara dengan princess Hilda, tanyakan mengenai Dreadnought, Ia akan memberitahumu bahwa Palamecian tengah membangun sebuah Pesawat Tempur Deadnought untuk memborbardir semua bangsa, untuk itu princess Hilda pun meminta tolong kepadamu untuk menghancurkan Dreadnought tersebut, kini Dreadnought itu ada di kota Bafsk, yang terletak di Kanan atas dari Altair Town. Tapi sebelum itu ada baiknya jika kita menemui Cid terlebih dahulu yang berada di Kota Poft.
Poft City. Cid berada di Pub kota ini, dan tujuan Firion dan kawan-kawan kesini adalah menyewa sebuah Airship milik Cid untuk menuju Bafsk dengan membayar 100 Gil kepada assisten-nya Cid, orang yang ada di samping Cid, jika kamu tidak cukup mempunyai Gil untuk menyewa Airship, Firion dan kawan-kawan bisa berjalan menuju Bafsk yang letaknya ada di kanan atas dari Poft City. Jika kamu melihat adanya sebuah Helikopter berwarna Coklat, itulah Tujuanmu “Bafsk Town”
Bafsk Town. Pergilah menuju kiri bawah untuk menemui seorang mata-mata yang menyamar sebagai salah satu Prajurit Palamecian, tanyakan kepadanya tentang Dreadnought maka ia akan memberikan jalan kepadamu untuk menuju Bafsk Cave, persiapkan dirimu saatnya masuk ke dalam Dungeon.
Bafsk Cave. Ikuti Jalan sampai Firion dan kawan-kawan bertemu dua jalan bercabang. Lurus untuk mengambil Longsword, berjalanlah ke kanan dan ikuti terus sampai menemukan lagi jalan bercabang. Hiraukan jalan yang menuju ke kiri atas, ambil jalan bawah ikuti terus dan Firion akan menemukan sebuah peti berisikan Longbow, lanjutkan perjalanan menuju arah kanan untuk naik ke lantai berikutnya.
Ada 3 persimpangan jalan dihadapan, ambil jalan yang paling kanan karena dua jalan yang lain hanya berujung pada kebuntuan, ikuti sampa pada akhirnya akan dihadang oleh Dark Knight. Tidak!!! ternyata kita sudah telat untuk menghentikan Dreadnought. Lihat FMV Sejenak yang memperlihatkan Dreadnought yang sudah lepas landas dari Bafsk.
Kembali Bafsk Cave, tapi tunggu! Pergilah ke kanan tempat dimana kamu dihadang oleh Dark Knight tadi, Masuki pintu dan kamu akan menemukan sebuah Key Item “pass” yang nantinya akan sangat berguna. Gunakan Teleport yang ada di sebelah kanan Ruangan untuk segera keluar dari Dungeon ini.
Kembali ke Altair Town. Lihatlah apa yang telah Dreadnought lakukan terhadap kota-kota di Final Fantasy 2. Lepaskan semua perlengkapan Minwu disini (jika ingin), karena ia akan meninggalkan party dan konsentrasi menjaga King of Fynn, ayah princess Hilda.
Temui princess Hilda, setelah Minwu meninggalkan party. Temui Cid yang berada di Poft City untuk menanyakan tentang Airship dan juga Sunfire, setelah mendapatkan 2 Key Terms tersebut kembali ke Altair Town dan tanyakan Sunfire kepada princess Hilda. Tanyakan hal yang serupa kepada Minwu dan juga King of Fynn untuk memberikan Key Terms selanjutnya, “Goddess Bell”. Tanyakan kembali Tentang Goddess Bell ini kepada princess Hilda dan ia pun akan menyuruh kalian untuk menemui Josef yang berada di Salamand Town
Salamand Town. Temui Josef di sebuah rumah kanan atas dan tanyakan mengenai “Goddess Bell”, maka ia akan menyuruh Firion dan kawan-kawan untuk mencari sebuah Snowcraft untuk pergi menuju Snow Cavern, tempat dimana Goddess Bell disimpan. Josef pun akan masuk ke dalam party dengan Status sebagai Monk, ia mempunyai serangan Fisik yang besar diantara Temporary Character yang lain, lebih baik jika ia tidak diberikan equipment apapun. Okey, sekarang saatnya kita berangkat menuju Semitt Fall untuk mendapatkan sebuah Snowcraft. Di Lantai Pertama dari Semitt Fall, pernahkah kamu melihat sebuah Crystal yang berwarna Biru yang berada di kiri tepat setelah Firion masuk ke dungeon ini. Dari Kristal Biru tersebut berjalanlah ke Pojok kanan atas dan tekan “X/A”. ini akan mengantarkanmu ke sebuah Jalan Rahasia yang berisikan Snowcraft.
Keluar dari Semitt Falls dan lanjutkan menuju ke utara untuk bertemu dengan daratan Salju yang cukup luas di utara Samaland City. Jika sudah sampai pada Daratan Salju, pergilah ke arah Timur sampai Firion dan kawan-kawan menemukan sebuah gua yang di tujuan.
Snow Cavern. Ikuti jalan sampai persimpangan, pergilah keatas terlebih dahulu untuk mengambil 300 Gil, lanjutkan kebawah dan akan melihat sebuah Treasure chest berisikan 350 Gil di sebelah kanan, teruskan menuju ke bawah, hiraukan pintu yang terlihat dan turunlah menggunakan tangga yang berada di sebelah kanan. Tidak ada yang spesial di lantai ini, cukup ikuti saja jalan yang berujung dengan tangga lagi.
Di Snow Cavern B3 ada dua jalan didepan, ambil jalan ke atas terlebih dahulu untuk mengambil Antartic Wind, kembali ke tangga, terus ke bawah dan ikuti jalan saja sampai pada akhirnya akan menemui persimpangan lagi, kali ini ambil kembali jalan ke atas untuk kembali ke lantai Snow Cavern B2.
Disini kita hanya perlu mengambil item yang ada, Treasure yang berada di kiri bawah berisikan Battle Axe, equipment default untuk Guy. Antidote adalah treasure yang akan kamu temui di bagian bawah dari lantai ini. Sedangkan Mythril Mace terletak di bagian kanan dari lantai ini, Tapi awas!!! Monster-in-a-Box akan menyerangmu setelah kamu mendapatkan Mythril Mace, jadi berhati-hatilah.
Kembali ke lantai Snow Cavern B3, sekarang barulah mengambil jalan ke bawah untuk melanjutkan perjalanan menuju lantai selanjutnya. Ambil jalan menuju atas untuk mengambil Potion dan juga Blizzard Tome, lanjutkan menuju bawah, akan ada dua treasure chest lagi berisikan Potion dan Mythril Spear
Terus ikuti jalan yang ada di kanan atas untuk mengantarkan menuju tangga.
Di lantai ini, pergilah kearah kiri terlebih dahulu untuk mengambil Mythril Shield lalu pergilah ke kiri bawah untuk mengambil Ancient Sword.. Sama seperti Mythril Mace tadi, Monster akan menyerangmu lagi disini, jika sudah membereskan para monster tersebut, equipkan Ancient Sword kepada salah satu Charactermu, Ancient Sword merupakan sebuah pedang yang akan memberikan efek Curse pada lawan sehingga menurunkan status pada musuh secara drastis. Pergilah menuju pintu yang ada di kanan bawah dan WOW!! akan melihat segerombolan berang-berang, tanyakan tentang “Goddess Bell” pada salah satu dari mereka, maka Guy akan mentranslate-kan apa yang mereka bicarakan.
Secret passage ada di kanan dari ruangan ini, tabraklah dinding sehingga akan berada di bagian lain dari lantai ini.
Cukup ikuti jalan saja sampai terlihat sebuat Kura-kura besar menghadang jalanmu namun sebelum melawannya, akan lebih baik jika kamu mengambil Silver Cuirass yang ada di kanan terlebih dahulu.
BOSS : Adamantoise (HP : 675, MP : 0)
Berharaplah Ancient Sword langsung memberikan Status Curse kepadanya agar pertarungan menjadi mudah, sama seperti dengan Land Turtle, ia lemah terhadap Magic Ice jadi terus serang ia dengan Blizzard, jika Maria sudah mempunyai level Magic Blizzard yang cukup tinggi, kamu bisa bernafas lega karena ini tidak akan memakan waktu lama untuk melihat Adamantoise.
Ambil “Goddess Bell” yang ada didepan, maka jalan baru pun akan terbuka, teruslah keatas dan kita akan kembali ke lantai Snow Cavern B1. Un-equip semua perlengkapan Josef (jika berkenan), karena ia akan meninggalkan partymu nanti, kembali ke jalan menuju keluar dari dungeon ini, tapi tunggu!!! Borghen ternyata telah menunggu, berharap Firion dan kawan-kawan tidak membawa “Goddess Bell” agar tidak bisa menghancurkan Dreadnought.
Oh, well jika itu yang ia minta, dengan terpaksa kita harus melawannya disini.
BOSS : Borghen (HP : 240, MP : 20)
Cukup terus serang dia, Boss ini tidak terlalu sulit hanya saja ia bisa menyembuhkan dirinya sendiri, berharap Ancient Sword sangat berguna disini, jika ia telah terkena Curse maka selesailah sudah, kemenanganmu hanya menunggu waktu saja.
Lihat event yang ada, Josef akan mengorbankan nyawanya demi keselamatan misi Firion dan kawan-kawan, ia akan menahan sebuah batu besar hasil jebakan yang disiapkan oleh Borghen, sebuah peristiwa yang memilukan melihat teman seperjuangan gugur. Lanjutkan perjalanan kita kembali ke Altair Town untuk melaporkan semua ini pada princess Hilda.
Altair Town. Setelah bertemu dengan princess Hilda dan memberitahukan semuanya, maka tujuan berikutnya adalah Kashuan Keep. Kashuan Castle terletak di arah selatan dari Bafsk Town.
Kashuan Keep. Buka pintu yang ada di utara dengan “Goddess Bell”, di dalam kamu akan bertemu dengan Gordon yang juga akan masuk ke dalam partymu membantu mencarikan Egil's Torch agar bisa membawa Sunfire untuk menghancurkan Dreadnought.
Di lantai berikutnya, ambil Cure Tome di selatan lalu lanjutkan perjalananmu kearah barat. Kashuan Keep 2F, disini hanya perlu mengikuti jalan, ambil jalan yang menuju ke bawah lalu kearah kanan, maka akan menemui sebuah Treasure Chest yang berisikan 500 Gil, ikuti jalan lagi sampai akhirnya mempertemukan dengan tangga menuju lantai berikutnya.
Kashuan Keep 3F, cukup seperti tadi, ikuti jalan tapi tunggu! ketika diberikan 3 pilihan jalan yang menuju kebawah, ambillah jalan yang ada di tengah terlebih dahulu, Ambil Golden Shield dari peti lalu kembali ke 3 pilihan jalan tadi, lalu ambil jalan yang di paling kanan.
Kashuan Keep 4F, ambil jalan barat, lalu ke selatan, maka kamu akan melihat 2 pintu ambil pintu yang ada disebelah kiri untuk mengambil Werebuster, Mythril Axe, dan Mythril Sword. kembali ke pertigaan tadi, Jalan menuju timur lagi sampai menemukan jalan menuju ke bawah lagi, akhirnya di ujung jalan akan menemukan tangga untuk ke lantai berikutnya.
Kashuan Keep 5F, ambil jalan kanan, hiraukan dulu jalan yang menuju kebawah, terus ke kanan sampai menemukan sebuah pintu lagi, masuk dan ambillah Antidote, Mallet, dan juga Eye Drop. kembali ke pertigaan tadi kini, ambil jalan yang mengarah ke selatan melihat 1 Treasure Chest di tengah-tengah ruangan, Peti itu berisikan Golden Armor namun berhati-hatilahdengan serangan Monster setelahnya. Lanjutkan ke bawah dan ambil jalan ke kiri untuk tangga berikutnya.
Masuki pintu yang ada disebelah Firion berdiri menghadap, maka akan terlihat seekor monster lidah api yang menjaga Egil's Torch. Lawan Boss…
BOSS : Red Soul (HP : 540, MP : 30)
Jangan gunakan magic, karena akan meng-absorb semua damage yang ia terima cukup gunakan Serangan Fisik sambil menyembuhkan partymu. setelah cukup memberikan damage maka ia pun akan musnah
Ambil Egil's Torch dalam peti lalu kembalilah ke pintu masuk ke Kashuan Keep. Sampai di pintu masuk berikan Egil's Torch ke kobaran api yang berada di tengah-tengah ruangan untuk mendapatkan Sebuah Sunfire.
Seperti biasa harus kembali ke Altair Town untuk melapor pada princess Hilda, andai perjalanan membosankan dengan Encounter Rate yang ada, pergilah ke Chocobo Forest di bagian selatan Kashuan Keep, tangkaplah seekor Chocobo, dan tunggangi menuju Altair Town.
Altair Town. Princess Hilda tidak berada di singgasananya, orang-orang menceritakan bahwa princess Hilda tengah ditangkap oleh Imperial Army dan dibawa menuju Dreadnought, okey sekarang lakukan persiapan untuk tujuan berikutnya lalu pergilah menuju Tanjung yang berada di utara dari Fynn untuk menemukan Dreadnoght.
Dreadnought. Berikan “Pass” kepada penjaga, pertama turuni tangga menuju Dreadnought 2F, tembus dinding di bagian kanan untuk mendapatkan “Sleep Blade”. Kembalilah ke Dreadnought 1F, ambil 600 Gil di pojok kiri atas, lalu berpindahlah menuju pintu yang ada di kanan atas, akan terlihat banyak jalan disini, pertama-tama ambillah jalan yang menuju kearah kiri, untuk mendapatkan Dark Bow. lalu kembali ke perempatan, kini ambil jalan yang mengarah kekanan dan dapatkan Hi Potion serta Potion. Sekarang untuk yang terakhir ambillah jalan yang ada di tengah, jangan lupa untuk mengambil Thief’s Gloves, ikuti jalan dan akan melihat princess Hilda dan Cid yang ditawan. Setelah menyelamatkan mereka berdua bicara pada Cid maka ia akan membawa princess Hilda pergi, kembali ke Dreadnought 1F.
Sesampainya di Dreadnought 1F, berjalan menuju ke selatan hingga menemukan tangga menuju lantai berikutnya.  Cukup simple karena hanya perlu memutar jalan di bagian ini hingga akhirnya akan menemukan sebuah pintu dengan tangga di dalamnya.
Di Dreadnought 4F, Teruskan perjalanan, ambil tangga yang ada di tengah untuk menuju Dreadnought 5F, akan tetapi di lantai ini juga bisa mendapatkan banyak equipment bagus yang berada di pojok kanan atas, akan tetapi salah satu dari Treasure chest tersebut dijaga oleh Hill Gigas, maka berhati-hatilah dan gunakan kebijakan dalam mengambil keputusan. Dreadnought  3F lagi, Terus ikuti jalan sampai akhirnya sampai di 5F.
Seperti Labyrinth yang memusingkan, ingat jangan berbicara dengan prajurit di ruangan ini; ambil jalan keatas lalu kebawah, ambil jalan kekanan bawah dan ikuti terus sampai ke kanan, ambil jalan ke atas, ikuti jalan tersebut sampai pada akhirnya sampai di ruangan tengah
Masuki pintu dan periksa mesinnya, berikan Sunfire lalu BAM! Mesin meledak dan berlarilah meninggalkan Dreadnought yang hancur.
Altair Town. Secara otomatis kembali kesini, temui raja dan lihat scene, ia akan memberitahukanmu tentang pesan terakhirnya, temui Gordon dan tanyakan kepadanya mengenai Dragoon dan juga Wyvern. Kini pergilah ke Paloom dan temui Leila, dalam hal ini ia masih menggunakan nama “Sailor”, kini keluar dari Paloom dan lihat ada sebuah kapal di kanan kota Paloom, masuklah ke kapal dan ikuti scene memperlihatkan Firion dan kawan-kawan telah dijebak oleh Leila. Lawan semua prajuritnya (Ingat FFI yang sebelumnya juga kamu harus mengalahkan semua Pirate sebelum mendapatkan kapal?), ini adalah masalah mudah karena memang mereka hanya mempunyai sedikit HP.
Setelah mengalahkan Pirate, Leila bergabung dengan Firion dan kawan-kawan, dan bebaslah menjelajahi dunia dengan kapal sekarang.
Tujuan berikutnya adalah Deist Castle tempat dimana “the Last Wyvern” berada, Istana ini terletak di bagian timur dari Bafsk (Cek Peta jika kebingungan).
Deist Castle. Masuk dan Firion akan diusir oleh seorang anak kecil laki-laki, abaikan saja larangannya itu, ikuti ia. Ambil semua item yang ada di Deist Castle, karena disini tidak ada encounter. Jika sudah puas mengambil treasure, temui anak kecil tadi, ia bersama ibunya di tengah ruangan lantai 2, tanyakan tentang Wyvern pada ibunya lalu ia akan memberitahumu bahwa disinilah Wyvern yang terakhir hidup, akan tetapi kini ia tengah sekarat karena terjangkit sebuah Racun, Ia akan menyuruh Firion dan kawan-kawan untuk mengambil sebuah Pendant di Deist Cave agar kamu bisa mengerti dengan apa yang Wyvern katakan.
Deist Cave. Berada di utara Deist Castle, masuklah dan ambil jalan ke kanan, jangan lupa juga mengambil 230 Gil dari peti, lanjut kekanan akan membawamu menuju Deist Cave B2 dan terlihatlah sebuah cahaya mengkilap, itulah Pendant yang dimaksud, ambillah. Sebelum kembalilah ke Deist Castle ada baiknya jelajahi Deist Cave, ambil semua treasure di sini.
Setelah puas di Deist Cave, kembalilah ke Deist Castle untuk berbicara dengan Wyvern, gunakan Key Terms Dragoon dan Wyvern akan memberikan “Dragon Egg”. Firion dan kawan-kawan perlu meletakkan telur tersebut di Sacred Spring di dalam Deist Cave.
Re-Visit Deist Cave. Perjalanan ini akan memakan waktu panjang, persiapkan semua party dan perbekalan, karena musuh disini akan menyulitkan perjalananmu.
Re-Visit Deist Cave. Dari Tempat awal masuk pergilah ke bagian kiri bawah untuk turun ke lantai Deist Cave B2. Pergi ke kanan, ambil Ether disana, lanjut menuju ke tangga yang berada di kanan. Di lantai berikutnya, cukup ikuti jalan saja yang akan mengantarkan kepada Deist Cave B4. Pergi ke kiri atas untuk turun lebih dalam lagi dari Dungeon ini. Di Deist Cave B5, ikuti jalan saja dan diujung jalan tersebut akan melihat 4 buah peti yang berisikan item-item berguna untuk perjalanan nantinya.
Kembali ke pintu awal Deist Cave, kini ambil jalan di sebelah kanan bawah, turun tangga dan akan berada di sisi lain dari Deist Cave B2. Ikuti jalan menuju utara, lalu ke selatan, akan ada banyak persimpangan disini, pergilah ke selatan terlebih dahulu (bukan yang mengarah ke tangga turun ya..) Temukan Mythril Helm disana, lanjutkan ke atas dimana terdapat item Mythril Armor, sekarang ambil jalan selatan yang terdapat tangga disana untuk mendapatkan lebih banyak item.
JANGAN MENYEBRANGI JEMBATAN JIKA TIDAK INGIN KEMBALI KE DEIST CAVE B4 AREA HUNTING ITEM!
Pergi keatas dan ikuti jalan saja, Mythril Gloves dan Mythril Mirror telah menunggu, kembali ke persimpangan di lantai sebelumnya Dari persimpangan tadi pergilah ke kiri bawah terlebih dahulu untuk mengambil Mage Staff, lalu dilanjutkan menuju kiri atas menuju lantai selanjutnya. Ada item di kanan, ambil terlebih dahulu, lalu keatas ikuti jalan untuk menuju Deist Cave B4. Kiri atas untuk item lanjutkan ke selatan untuk turun lagi. Finally, lantai terakhir Deist Cave 5F. Disini hanya perlu memilih pintu yang benar, akan ada empat pintu disana, ambillah pintu ketiga dari kiri atau kedua dari kanan, lihat ada Chimera yang menjaga Sacred Spring, It’s Boss Time!!
BOSS : Chimera (HP : 700, MP : 80)
Kombinasikan semua serangan, berikan beberapa status pendukung disini, jumlah Chimera yang muncul biasanya random jika beruntung maka hanya akan menemui 1 atau 2 Chimera saja.
Setelah menang letakkan Wyvern Egg ke dalam Sacred Spring tersebut. Oke Mission Complete saatnya kembali ke Altair Town, karena sesuatu yang tidak bisa kalian bayangkan telah terjadi.
Altair Town. Setiba di Altair Town temui princess Hilda yang berkelakuan aneh di kamarnya, bicaralah kepada Gordon maka ia akan menyuruh Firion untuk menemui princess Hilda, pergilah keruangannya maka ia akan meminta berbicara empat mata hanya kepada Firion, setelah party yang lain pergi, princess Hilda akan mengucapkan sejumlah kata seronok untuk menarik perhatian Firion namun disaat itu juga princess Hilda pun berubah menjadi monster!!..
Jangan takut karena partymu akan datang menolong dan lagi-lagi saatnya Boss Time!
BOSS : Lamia Queen (HP : 1290, MP : 370)
Berhati-hatilah terhadap serangan Charm/Entice nya ini bisa membuat partymu saling adu jotos sesama yang lain, gunakan efek Curse dari Ancient Sword yang mampu membuat DEF dari Lamia Queen turun secara drastis.
Ia juga bisa memberikan status Blink kepada dirinya, jadi jangan menyia-nyiakan kesempatan sebelum ia meng-cast Blink, gunakan Magic terkuat dan lakukan serangan fisik yang bisa membuat ia kehilangan banyak HP.
Setelah menang, maka mereka baru sadar bahwa princess Hilda yang asli ternyata masih berada dalam tahanan Palamecian Empire, terdengar kabar juga bahwa Emperor tengah menyelenggarakan Turnament dengan Princess Hilda sebagai hadiahnya.
Mendengar itu Gordon akan bergabung dengan Firion dan mengajak Firion untuk pergi ke Colliseum yang ada di bagian selatan Kashuan Castle.
Colliseum. Dari Kashuan Castle pergilah ke selatan, akan menjumpai gurun yang amat sangat luas, Colliseum berada di tengah kanan gurun ini, jadi pasang matamu baik-baik jika tidak ingin tersesat, musuh disini amatlah kuat jadi jika ingin aman bisa menggunakan jasa ojek chocobo yang ada di Chocobo Forest.
Tiba di Colliseum, akan melihat Emperor tengah menunggu kedatangan Firion dan kawan-kawan, namun ketika kalian mendekatinya, jalan yang ada pun mulai tertutup. Seketika itu juga Behemoth pun akan muncul.
BOSS : Behemoth (HP : 2000, MP : 0)
Dia cukup mudah karena ia hanya bisa menyerang satu character party saja, ia juga tidak mempunyai serangan Magic, jadi memasang Protect kepada semua character saja sudah cukup aman, jangan lupa untuk me-recovery HP character, karena Behemoth mempunyai serangan yang brutal, namun jika bisa menjaga HP party pertarungan tidaklah sulit.
Setelah menang, ini waktunya Firion dan kawan-kawan menghabisi Emperor, namun ternyata ini juga masih dalam rencana jebakannya, Firion dan kawan-kawan akan dikepung oleh beberapa Soldier dan juga seorang Dark Knight untuk dimasukkan kedalam penjara.
Firion dan kawan-kawan akan berada di Colliseum B2, bicaralah kepada pintu penjara maka Paul akan menolongmu, perlu diingat musuh-musuh disini juga cukup menyebalkan seperti yang ada di Deist Cave.
Dari tempat Firion dan kawan-kawan berada, pergilah kekanan terlebih dahulu untuk mengambil Antidote, kembali ke penjara tempat berasal, pergi ke utara lalu ke timur, terus ke timur untuk masuk kedalam ruangan yang berada di paling timur untuk ambil tiga item. Keluar, lalu ke utara sampai pada batas tembok setelah itu ke timur lagi, maka akan terlihat sebuah ruangan lagi, masuk untuk ke lantai selanjutnya.
Dalam perjalanan Firion dan kawan-kawan akan melihat princess Hilda yang asli. Jika jalan yang ada terbagi menjadi dua, pilihlah keatas terlebih dahulu. Selamatkan princess Hilda, maka Gordon dan princess Hilda akan meninggalkan Firion dan kawan-kawan. Kembali ke pertigaan tadi, lanjut ke barat sampai akhirnya terlihat tangga untuk kembali ke tempat Firion dan kawan-kawan melawan Behemoth tadi.
Kembali ke Altair Town, Firion dan kawan-kawan hanya akan menemukan satu Rebel Army disana, ia akan memberitahumu bahwa kini Rebel Army akan menyerang markas besar dari Palamecian Empire yang bersemayam di Fynn Town, maka tujuan berikutnya sudah ditetapkan.
Ketika sudah dekat Fynn Town, maka kamu akan melihat sebuah tenda kecil, masuk kesana lalu tanya kepada princess Hilda dan prince Gordon.
Fynn Castle. Leila telah menunggumu, bicaralah padanya maka ia akan masuk ke dalam tim Firion, kini pergilah kearah Timur dan ikuti jalan untuk menemukan beberapa treasure, kembali ke tempat kamu berasal, lalu ambil jalan di sebelah kiri, pergilah ke atas dan ikuti jalan sampai kamu bertemu dengan treasure di ujung jalan. Kembali lagi ke pertigaan, kini terus kearah barat lanjutkan menuju selatan untuk bertemu dengan tangga ke lantai berikutnya.
Fynn Castle 3F Firion dan kawan-kawan hanya perlu kearah kanan dan ikuti jalan sampai akhirnya menemukan sebuah ruangan yang berisikan 3 peti, ambil semuanya dan kembalilah ke tempat pertemuan dengan Leila untuk pergi ke lantai yang selanjutnya.
Fynn Castle 2F, pergilah kearah timur terlebih dahulu untuk mengambil potion lalu kekanan untuk melewati Hidden Pasage yang mengantarkanmu kepada Giant Gloves, kembali ke tempat kamu mulai, kearah barat untuk mengambil Aura Tome, pergilah ke selatan dari ruangan kamu mendapatkan Aura Tome, disini ada sebuah Jalan Rahasia yang akan membawamu kepada Equipment Bagus “Werebuster”. Setelah mengambil semua item di lantai ini, maka bergeraklah ketengah ruangan dan naiki tangga untuk ke lantai terakhir.
Fynn Castle 4F, pergilah ke atas terus maka Firion dan kawan-kawan akan melihatnya duduk di singgasana raja.
BOSS : Gottos (HP : 2000, MP : 80)
Cast Blink dan juga Protect kepada seluruh partymu, lalu jaga HP Firion dan kawan-kawan sebisa mungkin, pertarungan ini tidak sulit hanya perlu menyerangnya sampai ia tewas.
Setelah Gottos kalah, maka Castle Fynn pun akan menjadi milik Rebel Army, selamat tapi ini pun masih belum berakhir. Namun bagusnya seluruh monster di Fynn Castle akan menghilang dan bisa menjelajah sebentar untuk membeli keperluan di Items Shop, Weapons Shop, Armor Shop dan bisa menginap di Inn.
Bicaralah pada princes Gordon tentang Mysidia maka ia akan berbicara panjang lebar tentang Mysidia Tower dan juga Magic yang terdapat di dalamnya. Simpan Key Terms Ultima Scroll darinya, tanyakan mengenai Ekmet Teloess, dan dia akan mengetahui hal tersebut. Lalu ia menyarankan Firion untuk bertanya pada Paul si Pencuri.
Fynn Town. Disini pergilah untuk membeli senjata, armor maupun item terlebih dahulu, setelah itu pergi ke rumah yang berada di kiri bawah, Firion dan kawan-kawan akan bertemu dengan Paul, tanyakan kepadanya mengenai Ekmet Teloess, dan diapun akan memberitahukanmu tentang sebuah jalan rahasia yang berada di Ujung Kanan atas Throne Room (Ruang Singgasana). Kembalilah ke istana dan pergilah ke Throne Room, pergi ke kanan atas (arah timur laut sudut ruangan, Firion menghadap ke timur atau tembok) lalu tekan “X”, lalu pilih Key Terms “Ekmet Teloess”, maka jalan rahasia pun akan terbuka.
Fynn Castle (Hidden Dungeon). Terus turun sampai akhirnya Firion dan kawan-kawan berada di Fynn Castle (Hidden Dungeon) B1, pergilah ke selatan terlebih dahulu lalu kearah timur untuk mengambil Knife, kembali ke tangga masuk kini pergilah ke utara, disini akan menjumpai pertigaan, ambil jalan yang menuju Kiri atas terlebih dahulu untuk Eye Drop, lanjutkan mengambil jalan ke kanan bawah, ambil Clothes dari peti kini ambil jalan menuju kanan atas untuk turun ke Fynn Castle (Hidden Dungeon) B2. Pergilah ke kanan lalu kerah utara untuk mengambil Ether terlebih dahulu, kemudian kearah kiri hingga terlihat Treasure Chest dibawah, ambil Potion lalu kembali ke pertigaan, ambil jalan menuju utara, pertigaan lagi kini ambil  jalan kiri untuk Maiden Kiss, kembali ke pertigaan ambil kanan menuju tangga Fynn Castle (Hidden Dungeon) B3 pun terlihat. Di pojok kanan bawah terdapat Hi-Potion, sedangkan di pojok kiri bawah akan mendapatkan Flame Shield, dan yang terakhir di kiri atas ada Spider Silk, jika sudah mendapatkan semuanya pergilah ke selatan untuk lanjut ke lantai selanjutnya.
Di Fynn Castle (Hidden Dungeon) B4, ikuti jalan sampai menemukan pertigaan, ambil jalan yang menuju ke kanan untuk mendapatkan Power Staff, selanjutnya ke bawah dan akan menemukan sebuah pertigaan lagi, ambil Flame Armor yang ada di Pojok kanan atas, jika ingin langsung ambillah jalan Timur namun dibagian utara dari tangga terdapat Betrayal Fang jika ingin mengambilnya.
Fynn Castle (Hidden Dungeon) 5F, sebuah tempat berair (mungkin semacam gorong-gorong), ambil jalan kekanan lalu ke utara, kini ambil jalan yang kiri untuk mengambil Orichalcum, lanjutkan ke utara maka Firion dan kawan-kawan akan melihat banyak sekali pintu, hanya ada satu pintu yang benar yaitu pintu yang berada di kedua dari kanan. Di dalam akan mendapatkan White Mask, sebuah key item yang nantinya akan berguna, keluarlah dari dungeon ini dengan cara menginjak teleport yang ada di belakang Treasure Chest tersebut.
Kembali ke Fynn Castle. Bicaralah pada princess Hilda, maka ia akan memberitahumu tentang Mysidia Town, sebuah kota yang tepat berada di selatan dari Fynn Town di lain pulau. Satu-satunya cara untuk mencapai Mysidia Town hanya dengan menggunakan Kapal Lautmu.
Mysidia Town. Disini banyak sekali equipment bagus dan juga Magic yang hampir lengkap. Perlu diingatkan bahwa musuh-musuh di area Mysidia sangatlah kuat, jadi berhati-hatilah. Di Mysidia Town, Firion dan kawan-kawan perlu menaruh White Mask yang baru didapatkan di Mysidia Passage, tepatnya berada di bagian selatan dari kesa ini, setelah kamu menaruh White Mask pada sebuah patung Goddess. Berlayar kembali di lautan lepas menuju “Tropical Island”.
Tropical Island. Lihat Peta, sebuah pulau kecil yang berada di selatan peta, itulah Tropical Island yang akan menjadi tujuan. Tropical Island B1, turun ke selatan terus dan ambil Eye Drops disana, lanjut ke utara dan temukan dua Treasure Chest berisikan Hi-Potion. Kembali ke persimpangan, kali ini ambil ke barat untuk sebuah Ether, lanjut ke utara untuk menemukan sebuah persimpangan lagi, ambil jalan kiri terlebih dahulu untuk Spider Silk. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju utara dan ikuti jalan sampai menemukan tangga menuju lantai bawah. Tropical Island B2, disini akan ada 2 jalan yang berbeda, telusuri satu demi satu. TREASURE HUNTING SECTION, Tropical Island B2, bergeraklah menuju utara, lalu ambil Sleepgrass yang ada di pojok kiri atas, kini turun untuk menemukan tangga menuju Tropical Island B3. Ikuti jalan, ambil Spider Silk lalu kembali kearah selatan. Di lantai selanjutnya sama seperti di Tropical Island B3, hanya perlu mengikuti jalan saja sampai akhirnya akan menemukan sebuah desa kecil yang berisikan orang-orang aneh menggunakan topeng. Disini Firion dan kawan-kawan bisa membeli sejumlah senjata dan item yang bagus.
OBJECTIVE SECTION. Tropical Island B2, pergilah ke arah utara lalu ke arah timur, ambil Scourge Tome dari Peti lalu lanjutkan ke arah selatan, ada Blind Tome dipojok kanan bawah. Pergilah arah barat untuk mendapatkan Scourge Tome, lanjutkan perjalanan ke arah barat, ambil Blind Tome terlebih dahulu sebelum akhirnya berjalan menuju arah utara untuk tangga berikutnya. Ke selatan dan dapatkan Garlic, kini ke utara dan cukup ikuti jalan saja sampai tangga berikutnya. Disini akan ada banyak tangga yang membawa Firion dan kawan-kawan mendapatkan item-item bagus, jalan menuju misi selanjutnya terdapat di pojok kanan atas, namun jika mau bisa mengambil seluruh item-item yang tersebar di dungeon ini (tangga pojok kiri atas item yang akan didapatkan adalah Death Idol; tangga selatan akan mengantarkan kepada Phoenix Down; tangga yang berada di kanan bawah akan membawa ke Sleepgrass X2 dan Gaia Drum).
Setelah puas mendapatkan item-item tersebut kini mulailah berjalan menuju kanan atas namun sebelum itu ambil 1000 Gil terlebih dahalu dari peti. Ambil Sleep Tome di kanan, lalu kearah barat dan masuki pintu tersebut. Akan ada Monster yang akan menjaga Black Mask disana, saatnya melawan Boss kembali.
BOSS : Big Horn (HP : 1140, MP : 0)
Pertarungan yang mudah karena ini juga sebenarnya hanyalah mini boss saja, cukup serang dengan serangan fisik saja sudah bisa membuatmu memenangkan pertarungan. Ambil Black Mask lalu ke utara untuk keluar dari Dungeon ini, lalu kembalilah menuju Mysidia Town. beli beberapa perlengkapan lalu keluar dari kota ini, pergilah menuju kanan bawah dari Mysidia Town dengan cara memutar melewati gunung. Menuju ke sebuah Cave yang bernama “Cave of Mysidia”.
Cave of Mysidia. Awal masuk, ikuti jalan ke kiri sampai kamu menemukan persimpangan, ambil jalan menuju ke arah barat terlebih dahulu untuk menemukan Gold Hairpin. kini kembali ke persimpangan ambil jalan menuju ke selatan, ambil Black Garb lalu teruskan ke arah selatan lagi dan ke barat, ikuti jalan sampai kamu menemukan Firion disana, berikan Black Mask padanya untuk menghilangkan Doppleganger ini.Oke lantai 2 sekarang, keatas untuk persimpangan, arahkan ke arah timur terus sampai kamu menabrak tembok, akan ada Secret Passage disini jika kamu terus mengarahkan Charamu sampai menabrak tembok. Ambil Flame Lance lalu kembali ke persimpangan yang ada sebelum kamu melewati Secret Passage, ambil arah utara dan ambil Power Staff dari peti. Jalan yang kamu butuhkan untuk menuju lantai selanjutnya ada di Pintu Pojok kiri bawah.
Ambil jalan menuju Barat, lalu ke atas. Ambil jalan ke barat lagi lalu lewati persimpangan pertama dan sedikit kearah utara pada persimpangan kedua, lagi-lagi kamu akan menemukan Secret Passage disini untuk mendapatkan sebuah Ice Bow. Kembali ke awal kamu masuk, kini arahkan Chara mu ke jalan Timur dan yerus ikuti jalan yang ada, Tiba di persimpangan ambil jalan kanan dan ikuti jalan lagi, ambil Ogrekiller dari peti, lanjut ke arah Barat lagi untuk menemukan pintu diujung jalan.
Ikuti jalan kearah Barat, Turun ke selatan dan akhirnya naik ke atas, ambil arah Barat lalu terus ikuti jalan sampai kamu bertemu dengan sebuah Treasure Chest, lanjut ke bawah lalu kekiri dulu utnuk tiga pintu, ambil pintu yang tengah untuk tiga treasure chest. setelah semua terambil lanjutkan perjalananmu menuju pintu di Pojok Kanan bawah.
Seperti biasa ambil item terlebih dahulu, lanjut keselatan cukup ikuti saja jalan yang ada jika kamu bertemu dengan persimpangan, ambil jalan kanan. Di tengah-tengah dari jalan ini terdapat Secret Passage yang berisikan 5 buah Treasure Chest (dari tangga lantai 5 pergi ke selatan sampai menemukan tangga, naiklah ke barat laut sampai bertemu dengan sebuah lorong yang disebelah kiri seperti dataran rendah atau kandang buaya jika di kebun binatang, temukan pertemuan antara daratan dan kubangan air cari pintu rahasia di sekitar tanda tersebut mengarah ke barat), ambil semua item tersebut, jika sudah kembali ke arah utara dan terus ikuti jalan sampai bertemu sebuah pintu di ujung kiri atas, masuk dan ambil Crystal Rod dan item-item lainnya, setelah itu gunakan Magic Teleport untuk keluar dari tempat ini, jika tidak mempunyai Magic Teleport, berjalanlah seperti biasa sampai keluar dari Dungeon tersebut.
Dari Mysidia Cave, kembalilah ke kapal dan pergilah ke utara untuk menuju pulau yang berbentuk seperti cincin berisikan sebuah menara di tengahnya. Tapi saat di tanjung pulau akan dihadang oleh sebuah pusaran air yang besar dan akan menghisap kapal.
Leviathan. Kini berada di dalam perut Leviathan, berhati-hatilah terhadap air berwarna kuning disini karena sedikit demi sedikit akan menghabiskan HP Charamu. Leila kini sudah tidak ada dalam party Firion, jadi tersisa 3 orang saja. Dari tempat berdiri, ikuti jalan menuju arah barat dan ambil Twist Headband dari peti. ikuti jalan lagi dan akan menemukan Treasure Chest lagi berisikan Power Vest, lanjut ke arah barat dan tangga pun terlihat. Tidak ada musuh disini jadi tenanglah, berkelilinglah untuk mendapatkan item gratis. Berbicaralah dengan seorang Dragoon yang ada di tengah ruangan. Tanyakan mengenai Dragoon padanya dan perlihatkan Crystal Rod padanya maka Richard / Gareth sang Dragoon akan bergabung. Setelah urusan selesai disini, pergilah ke kanan atas untuk berpindah lantai menuju B3. Airnya Ungu, tapi sama bahayanya dengan air kuning, jaga HP-mu, ambil Gaia Blade yang ada di utara, lalu ke selatan untuk mengambil Diamond Shield, pergilah kearah barat untuk menghadapi Cacing berwarna biru yang menghalangai jalan menuju kapal.
BOSS : Roundworm (HP : 2500, MP : 0)
Hati-hati terhadap serangannya yang brutal, jaga HP party-mu, lalu gunakan Protect untuk mengurangi damage serangannya, serang ia terus karena defense yang bisa diterima lewat serangan fisik lebih besar ketimbang Serangan lewat Magic, setelah beberapa serangan maka ia pun akan musnah.
Keluarlah dengan kapalmu yang berada di belakang Roundworm. (World Map again). Pulihkan Chara-mu. Bersiaplah melanjutkan perjalanan menuju misi selanjutnya, Mysidia Tower.
Mysidia Tower. Tempat ini adalah dungeon yang panjang, bertahan hiduplah untuk melawan monster-monster yang berada di dalamnya, kelengkapan item sangat dibutuhkan, jadi berbijaklah untuk menggunakan item jangan terlalu boros, jika dirasa belum perlu menggunakan item.
Pertama, pergilah kearah timur untuk mendapatkan sebuah Staff, lalu kembali ke pintu awal, kini bergeraklah menuju kanan atas untuk mendapatkan Staff, lihat peti yang terdapat di tengah ruangan?? hanya bisa mengambilnya lewat Secret Passage yang terdapat di tembok bagian kanan dari ruangan tersebut. Setelah mengambil White Robe itu, pergilah ke tangga yang berada di tengah ruangan.
Di lantai kedua, berjalanlah ke utara lalu ke arah timur untuk mendapatkan 2 Treasure Chest (Flame Bow dan Flame Lance, lalu kembalilah ke tengah dari  ruangan ini, pergilah ke barat kali ini untuk mendapatkan Flame Shield. Setelah itu pergilah ke selatan dan ikuti terus jalan yang ada membawamu ke tangga menuju lantai berikutnya. 3F, berhati-hatilah, lava yang ada akan mengurangi HP-mu, jadi selalu cek Status HP part-mu. Disini hanya perlu pergi ke arah timur dan masuki pintu yang paling kiri. Ruangan penuh lava, pergilah ke arah timur terlebih dahulu untuk mendapatkan Flame Sword, lalu naiki tangga yang ada di tengah ruangan, ambil Flame Armor yang terdapat di bagian kanan ruangan dan juga Flame Helm yang terdapat di bagian kiri. Masuki ruang tengah dan terlihat seorang Black Mage menghalangi jalan.
BOSS : Fire Gigas (HP : 1800, MP : 240)
Fire Gigas, equip-kan Ogrekiller pada Charactermu, lalu sisakan 1 Character yang bertugas sebagai healer tetap, fokuskan serangan padanya, ia mempunyai serangan fatal yang bisa membuat HP Charactermu berkurang drastis!! jadi tetap jaga HP-mu, cobalah meng-cast Protect ataupun Blink untuk mengantisipasi serangannya, Fire Gigas juga bisa mengeluarkan beberapa magic Fire tingkat tinggi.
Pasca menghabisinya jangan senang dulu karena perjalanan masih sangatlah jauh, dan ruangan yang penuh dengan Es telah menanti, di kiri atas terdapat Ice Shield, lalu gunakan tangga untuk pergi ke lantai 5F untuk mengambil Ice Lance. jika sudah kembali ke lantai 4 dan ikuti jalan menuju selatan. Ambil Ice Gloves dari peti lalu kearah Timur, jalan ke utara lalu kearah barat untuk mengambil Ice Armor, dan akhirnya pergilah ke kanan atas untuk ke lantai 5. Dalam perjalananmu ambil Icebrand di peti lalu ikuti jalan lagi sampai akhirnya seorang Black Mage menghalangi jalan.
BOSS : Ice Gigas (HP : 750, MP : 0)
Sama seperti melawan Fire Gigas, gunakan charater penyerang dengan Ogrekiller dengan satu Character sebagai Healer, gunakan Magic Fire untuk menambah Damage, pertarungan ini sedikit lebih sulit dibanding melawan Fire Gigas. Dua Gigas telah tewas, kini sudah hampir setengah perjalanan berada di Tower ini, di lantai 6 pergilah kearah Timur terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah Elixir, lalu kembali ke persimpangan dan ambil jalan keselatan, teruslah kearah Kanan, lalu kebawah dan ikuti jalan menuju Barat, di persimpangan ambil jalan keutara terlebih dahulu untuk sebuah Wizard Staff, lanjut kearah barat dan masuki pintu. Dan tidak ada Black Mage yang menghalangi? so, bisa lanjut ke lantai 7, di utara terdapat Unicorn Horn yang bisa diambil, di pojok kanan atas pun terdapat Hermes Shoes, sedangkan di selatan ada Spider Silk. Tujuan selanjutnya adalah pintu yang terdapat di bagian kiri dari ruangan ini, ada Black Mage yang menghalangi.
BOSS : Thunder Gigas (HP : 2500, MP : 370)
Pertarungan dengan Gigas terakhir, Thunder Gigas merupakan Gigas yang paling kuat diantara para Gigas sebelumnya, serangannya jauh lebih kuat dibanding yang lain, pertama lakukan cast Haste, Blink, Protect dan semua Support Magic yang dianggap penting, tetap jaga kondisi HP party, jika kesulitan dengan 1 Character Healer bisa menggunakan character lain untuk membantu me-restore HP party, bijaklah dalam memakai Party, maka tidak akan kesulitan menghadapi Boss yang satu ini.
Akhirnya selesai sudah menghadapi semua Gigas penjaga di Mysidian Tower, tapi itu bukan berarti telah selesai urusan di dungeon ini, perjalanan masih berlanjut.
Mysidian Tower lantai 8, ambil Flare Tome yang ada di pojok kanan atas, lalu pergilah ke selatan lalu timur lagi untuk masuk ke sebuah pintu, teruskan keatas dan akan sampai pada lantai 9. Disini, ambil Horglass di utara lalu kearah narat dan ambil Cross pada pojok kiri bawah, lanjut kearah utara, naik tangga dan ambil Black Robe di bagian timur. Setelah itu pergilah keselatan dan ikuti jalan maka akan menemukan empat buah pintu yang bisa dipilih yang salah satunya merupakan pintu masuk (kedua dari kiri).
Finally, ini adalah tempat terakhir di dungeon ini, temui Minwu dan bicaralah padanya ia akan membukakan pintu dengan sihirnya, setelah membukakakan pintu untuk Firion dan kawan-kawan, ia akan tewas karena kekuatan yang ia keluarkan untuk membuka segel pintu. Setelah scene berakhir, masuki pintu, ambil semua Crystal biru terlebih dahulu lalu ambil Crystal kuning untuk mendapatkan Ultima Tome, karena jika kristal kuning terlebih dahulu maka Crystal yang lain akan seketika hilang, so jangan sia-siakan pengorbanan sahabat terbaikmu Minwu. Jika sudah keluarlah lewat Teleport yang muncul, akhirnya embali ke dunia yang penuh warna.
Preparation for Cyclone. Kembali ke Altair Town, tapi ketika Firion dan kawan-kawan hendak berjalan menuju Altair Town, encounter rate di area ini semua monsternya tangguh. Hal ini dikarenakan Cyclone telah muncul, lihat angin puting beliung yang berada di dekat Fynn?? princess Hilda dan prince Gordon pun menyadari hal tersebut, maka bicaralah pada mereka untuk tahu apa yang sebenarnya telah terjadi. Setelah mendapatkan Key Terms Cyclone, bertanyalah pada princess Hilda lagi menggunakan Key Terms tersebut. lalu gunakan Key Terms Wind Drake untuk mengetahui bagaimana cara untuk masuk ke dalam Cylone tersebut. Gunakan “pendant” kepada Kaca yang ada di Fynn Castle. Pergilah ke lantai 1, masuki tangga yang ada di pojok kiri bawah sampai di lantai 3, terus keatas maka akan menemukan sebuah kaca besar, lalu gunakan pendant yang didapatkan dari Wind Drake, maka seekor Wyvern akan muncul dan siap mengantar Firion dan kawan-kawan ke Cyclone kapanpun siap.
Sebelum masuk kedalam Cyclone berkunjunglah ke rumah teman lama, Paul terlebih dulu, tanyakan mengenai Cyclone maka ia akan membukakan sebuah Secret Passage yang berada di samping tempat tidurnya.
Ambil semua Item disini, dan perlu diingatkan JANGAN MEMBUANG ATAU MENJUAL BLOOD SWORD! karena pedang ini akan sangat-sangat berguna nantinya di akhir perjalanan. Senjata ampuh yang bisa menyerap HP Musuh dan juga Ultimate Weapon untuk mengalahkan Emperor, jadi jangan dijual.
Cyclone. Pergi ke Cyclone maka Wyvern akan mengantarkan sampai kedalam, ingat jika ingin keluar dari dungeon ini hanya bisa menggunakan magic teleport tidak ada cara lain karena dungeon ini adalah Point no Return, jadi sebisa mungkin ambil semua item disini.
1F, dari awal masuk pergilah kearah timur lalu masuki tangga yang berada di utara, ambil Ripper dari peti lalu bergeraklah keselatan, ikuti jalan saja sampai menemukan sebuah tangga lagi, di lantai 3 ini cukup ikuti jalan saja mak diujung jalan, maka akan menemukan Poison Axe. kembalilah ke 1F, jika tadi naik tangga yang ada di kanan, sekarang pergilah kearah barat maka akan menemukan tangga lagi menuju 2F. Ikuti jalan lagi sampai lantai 3F, disini pergilah kearah barat maka terlihat sebuah tangga masuk untuk mendapatkan 2 Treasure Chest, Diamond Gloves dan juga Diamond Helm. Setelah itu kembalilah ke 3F lalu lanjut menuju arah selatan untuk menemukan tangga lagi.
Pergilah ke Timur maka akan menemukan dua buah tangga, ambil tangga yang berada di kiri terlebih dahulu, di lantai 5F pergilah kearah Barat lalu keselatan terus, abaikan lantai yang beralirkan listrik tersebut ambil jalan menuju timur yang dibawah Lantai aliran listrik tersebut, ambil Defender dari peti lalu ke selatan dan kearah barat untuk menemukan Peti berisikan Diamond Armor diujung jalan. Lumayan lelahkan. Saatnya kembali ke lantai 4 untuk mengambil tangga yang satunya lagi. 5F, cukup ikuti jalan saja untuk ke lantai 6, di lantai selanjutnya, jalan disini ada dua buah jalan tapi keduanya mengarah ke jalan yang sama, jadi terserah mau mengikuti jalan ke timur atau utara, intinya jalan keduanya akan menyatu di Pojok kanan atas, sebelum masuk tanggga ada baiknya ambil item terlebih dahulu, tapi berhati-hatilah karena monster yang akan dilawan sangat kuat.
Di lantai 7 akan bertemu Emperor, setelah berbincang sebentar dengannya maka Firion dan kawan-kawan akan melawan prajurit-prajurit bawahannya, lawan mereka semua sampai dua kali, dan untuk pertarungan ketiga Emperor pun akan turun tangan.
Fynn. Akhirnya Emperor dapat dikalahkan, bersantai sejenak dan nikmati bersama warga Fynn, tiba-tiba sebuah surat datang dari seseorang dengan nama inisial “Dark Knight”, prajurit kebanggaan Emperor. Mengetahui Emperor telah tewas akhirnya ia mendeklarasikan dirinya sebagai Emperor yang baru. Untuk mencegah hal yang tak di inginkan di masa depan, Firion dan kawan-kawan mencoba untuk menghentikannya. Namun perjalanan berikutnya membutuhkan Airship untuk menuju Palamecian Castle, pergilah ke Fynn dan bicara pada Cid yang berada di Rumah Paul, ternyata disaat itu juga ia menghadapi mautnya dengan warisan Airship miliknya untuk Firion. Ambil Airship Cid di Poft.
Setelah Airship didapatkan, pergilah menuju tempat dimana kamu menyelamatkan princess Hilda, Colliseum namun kali ini mendaratlah di istana yang berada di kanan atas dari Colliseum.
Castle of Palamecia. Pergi keatas untuk masuk kedalam sebuah ruangan besar, setelah itu terus bergeraklah ke utara sampai akhirnya akan jatuh kedalam perangkap. Paul akan membebaskan Firion dan kawan-kawan sebagai balas budi hutang kebaikan di masa lalu. Perjalanan belum berakhir, namun akan dimulai dari sini. Ambil jalan menuju selatan terlebih dahulu untuk mengambil Diamond Cuirass lalu kembalilah kepersimpangan, kini ambil jalan kearah Timur, tetap ikuti jalan hiraukan jalan yang menuju ke selatan, lanjut kearah timur lalu ikuti jalan kebawah, di pertigaan kamu bisa mengambil tangga yang berada di sebelah kiri untuk mendapatkan Hourglass. Lanjut dari pertigaan, kini tetap ikuti jalan sampai akhirnya menemukan jalan menuju barat, untuk saat ini hiraukan terlebih dahulu jalan yang menuju kearah utara maka akan mendapatkan Garlic dari peti yang berada di ujung barat, setelah mengambil peti tersebut, kini ambil jalan menuju utara yang tadi diabaikan untuk menuju lantai selanjutnya.
Lantai 2, kearah timur maka akan menemukan percabangan, ambil jalan menuju selatan terlebih dahulu untuk mengambil Ether, lalu keatas dan ikuti jalan, ambil Buckler lalu bergeraklah kearah Barat terus ikuti jalan sampai akhirnya menemukan tangga yang menuju lantai 3. 3F, temukan sebuah ruangan yang lumayan besar, pergilah kearah utara kearah barat untuk mengambil Thunder Spear, ke arah timur untuk menuju lantai berikutnya. Pergilah keatas maka akan terlihat jalan yang menuju kearah selatan disebelah kiri, ambil Saint’s Spirit lalu kembali keatas dan pergilah kearah barat untuk menemukan Sleepgrass, setelah mengambil harta tersebut, lanjutkan perjalanan menuju utara, lalu kearah Barat dan ikuti sampai menemukan sebuah pintu, masuk dan temukan 3 Peti disana. Kembali kepertigaan kini ambil jalan timur dan menuju lantai 5.
TREASURE HUNTING SECTION. Di Lantai 5, ambil jalan menuju barat untuk menemukan tangga yang membawa ke lantai 6, disini ikuti jalan dan jangan lupa untuk mengambil Sun Blade dari peti, lanjut ikuti jalan menuju lantai 7. Cukup ikuti jalan dan akan menemukan pintu yang berada di sebelah kiri, ambil semua Treasure yang berada di dalam dan kembalilah ke lantai 5
OBJECTIVE SECTION. Jika tadi mengambil jalan kearah barat untuk mengambil Treasure Hunting Section kini ambil jalan keselatan untuk Objective Mission, hanya perlu mengikuti jalan maka akan menemukan sebuah tangga menuju lantai 6, sama seperti sebelumnya, cukup ikuti jalan sampai di lantai 7.
Di lantai 8, ikuti jalan menuju keselatan lalu bergeraklah kearah kiri, abaikan terlebih dahulu jalan menuju utara terus kebarat, sesampainya diujung ambil arah atas maka 2 treasure pun menunggu, setelah semua beres, maka kini ambil jalan yang menuju ketengah ruangan untuk melihat Event dan perbincangan untuk kejutan yang besar menunggu. Emperor telah bangkit kembali dari kematiannya, dikarenakan ia telah membunuh sang pemimpin para Demon “Lucifer”, untuk mencegah terjadi hal yang buruk Richard pun mengorbankan dirinya demi mengeluarkan Firion dan kawan-kawan dari Castle Palamecia, sangat disayangkan sang Dragoon pertama dari seri Final Fantasy harus mati begitu saja, sebagai gantinya Leon pun menjadi anggota party berikutnya.
Fynn. Bicaralah pada princess Hilda dan dapatkan Key Terms “Jade Passage” lalu bicaralah pada prince Gordon dan juga Leila mengenai Jade Passage, setelah semua siap, kini saatnya menyiapkan semua Equipment dari Weapon, Armor, dan juga Item. Karena ini akan menjadi perjalanan terakhir yang memakan waktu sangat lama karena panjangnya Final Dungeon yang akan menjadi tujuan berikutnya, pastikan masih menyimpan Blood Sword dalam inventory, tidak lupa HP Party juga mesti dalam kondisi tinggi (9999) karena musuh-musuh yang berada di Jade Passage dan Pandaemonium sangatlah kuat.
Kini pergilah kedaratan Mysidia dan temukan sebuah Danau kecil yang berada di sebelah timur dari daratan Mysidia.
Jade Passage. Ini hanya jalan untuk menuju Pandaemonium yang merupakan Final Dungeon yang sebenarnya, berhati-hatilah terhadap Abyss Worm yang mempunyai Skill “Twister”, karena monster tersebut cukup merepotkan. Dari tempat masuk, teruslah ke Timur lalu ke bawah dan akhirnya ke kanan lagi untuk mendapatkan Diamond Mace, lalu bergeraklah ke arah Kiri Bawah untuk mengambil Hellfire, lanjutkan perjalananmu menuju arah Timur, masuk pintu untuk ke lantai selanjutnya. Di lantai selanjutnya pergilah ke utara untuk mendapatkan Hellfire lainnya, setelah itu kembali kebawah dan teruslah ke kanan untuk mengambil Antartic Wind, sekarang pergi menuju selatan lalu ke barat untuk mengambil Cat Claws namun berhati-hatilah karena akan diserang oleh Blue Dragon nantinya. Setelah mengalahkan Blue Dragon lanjutkan perjalanan menuju arah Timur lalu ke utara, masuki pintu dan turun kebawah lagi
Di area selanjutnya turun ke bawah, lewati pintu dan langsung saja untuk menyeberangi air terjun, ikuti jalan sampai menemukan tangga turun. Akan terlihat Treasure Chest disana, Treasure Chest tersebut adalah Rune Axe, ambil dan lawanlah King Behemoth jika mau. Turun tangga dan pergilah ke arah barat, lewati pintu kembali dan turun menuju dasar dari air terjun tersebut, lanjut ke arah Timur dan masuki pintu paling kanan untuk ke area selanjutnya.
Disini bergeraklah menuju keatas dan sedikit ketimur untuk mendapatkan Betrayal Fang Setelah itu, pergi ke pojok kanan atas untuk mengambil Yoichi's Bow tapi sama sebelumnya, item ini pun dijaga oleh Monster yaitu Red Dragon. Setelah mengalahkannya kini menuju kanan bawah untuk menemui pintu menuju lantai selanjutnya.
Lantai yang mudah, tinggal ikuti saja jalan yang ada tidak usah memasuki pintu manapun ambil juga Item-item yang ada lalu diujung jalan akan bertemu pintu lagi dan akhirnya akan sampai di lantai terakhir dari Jade Passage. Cukup ikuti jalan sampai akhirnya akan menemukan Portal menuju Castle Pandaemonium
Pandaemonium. Jika ingin mengambil beberapa Treasure Chest silahkan Explore Castle Pandaemonium ini, yang perlu diperhatikan adalah, ini LAST DUNGEON!!! Segala sesuatunya pasti berbahaya dan salah satunya adalah monster-monster yang mendiami Kastil ini, dari sekian banyak monster di dungeon ini, ada satu monster yang cukup berbahaya yaitu Death Rider, kalau bertemu dengannya usahakan untuk cepat-cepat membunuhnya karena ia bisa meng-Absorb HP Karaktermu dengan cepat, Damage yang ditimbulkannya tinggi sekali karena itu tetap waspada, pergunakan Item atau Magic Restorative sebijak mungkin karena ini perjalanan yang cukup panjang.
Lantai pertama Pandaemonium, ikuti saja jalan ke bawah, lalu kearah timur naik tangga dan ke barat untuk menemukan Tangga selanjutnya. Sama seperti lantai selanjutnya, cukup ikuti jalan saja disini ada satu item yang terletak di utara, ambi jika mau kalau tidak lanjutkan kekiri dan injak Portal menuju lantai 3. Portal berikutnya ada di Kanan Bawah dari ruangan ini, cari jalan yang menuju kesana sebelumnya bisa menemukan Item dan juga senjata, eksplorasi terlebih dahulu untuk mendapatkan item-item tersebut di lantai 4 ini. Temukan 4 buah pintu PERLU DIINGAT BAHWA SETIAP TREASURE CHEST YANG ADA DISINI SEMUANYA DIJAGA OLEH PARA BOSS!!!.  Pintu paling Kiri akan mengantarkanmu ke sebuah Treasure Chest berisikan Genji Gloves; Pintu kedua dari kiri akan mengantarkanmu ke Item Genji Helm; Pintu Paling Kanan berisikan Item Genji Armor; Pintu Kedua dari Kanan merupakan jalan menuju Portal berikutnya dan juga ada treasure chest berisikan Ribbon.

Setelah mengambil Item Ribbon, berjalanlah menuju kekiri dan ikuti jalan sampai ke Portal berikutnya. Di lantai 4 hanya perlu mengikuti jalan yang sudah ada saja lanjut ke lantai 7. 7F cukup ikuti jalan yang hanya memutar ini, jangan lupa untuk mengambil item yang ada lanjut menuju lantai 8 dari kastil Pandaemonium.
8F, Portal disini berada di pojok kanan atas, dan tidak lupa ada beberapa item lagi disini, sempatkanlah mengambil beberapa item tersebut sampai akhirnya harus menggunakan teleport ke lantai 9. Lantai 9 dari kastil Pandaemonium dan hanya tersisa 1 lantai lagi, tiba di tanah lapang yang luas, cukup bergerak kearah kiri bawah dan akan melihat Portal terakhir dari Dungeon yang cukup melelahkan ini.

10F CASTLE PANDAEMONIUM
FINAL BOSS: Emperor
Hanya ada satu kalimat, Selamat berjuang karena akan menghadapi Last Boss dari Final Fantasy 2 Emperor, Sosok yang bangkit lagi dari kematiannya itu kini telah bertambah kuat, dari segi serangan fisik dan juga magic-nya ia hampir 100% berubah Seperti sebelumnya telah diutarakan, kemampuan Hero disini amat sangat dipertaruhkan Equipment yang menjadi andalan, strategi, dan juga kesabaran akan sangat berpengaruh pada pertarungan terakhir ini…

Quick Strategy : Hal yang perlu diperhatikan adalah serangan fisik Emperor luar biasa berbahaya ketimbang serangan magic-nya. Bisa jadi setengah HP party kita akan melayang seketika dan sialnya serangan fisik itu mempunyai sifat Drain yg nantinya akan merecover HP Emperor Untuk Strategi ini yang amat sangat dibutuhkan adalah Blood Sword!!! (It’s very Important Equipment in this Game).
Dalam Versi Origins, Blood Sword bisa didapat dua kali namun hal ini dihilangkan di Dawn of Soul. Hanya terdapat satu Blood Sword disana.

Let’s Start the Battle!!!!
Pasangkan Blood Weapon ke salah satu party, sebagai contoh Firion. Maria, Gus, dan juga Leon hanya memberi support magic atau merecovery HP Firion supaya tidak kekurangan HP. Lihat serangan Firion yang memakai Blood Sword!! WOW!! Damage yang diterima Emperor sebesar 5000-an keatas.

Ending yang cukup mengharukan karena banyak pengorbanan yang harus dihadapi selama perjalanan, Meskipun dalan Final Fantasy 2 tidak memakai Lagu Sakral “Final Fantasy” seperti pada seri sebelumnya namun aura Endingnya sangat pas dan memiliki makna yang dalam untuk sebuah RPG Klasik.

2 komentar: