"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 22 Januari 2016

Gemar Menuntut Ilmu

TIME TUNNEL. Menyusuri Lorong Waktu ngepo-in Ibnu 'Abbas sahabat Rasulullah s.a.w. adalah hal yang senantiasa menyenangkanku, beliau adalah pemuda yang sungguh-sungguh menuntut ilmu, gemar meneliti dan menyelidiki sumber-sumber ilmu. Ibnu 'Abbas lahir 3 tahun sebelum hijrah (619 M) masa dimana Nabi dan keluarganya diasingkan ke Syi'ib di pegunungan Mekah.
Suatu hari ia menceritakan ketika ingin bertanya pada beberapa sahabat nabi tentang suatu masalah sepeninggal asulullah s.a.w. Dan ia mengajak teman sebayanya untuk menuntut ilmu karena hampir mereka sedang berkumpul,  tetapi jawab teman sebayanya : "Aneh sekali kamu ini, hai Ibnu 'Abbas! Apakah kamu kira orang-orang akan membutuhkanmu, padahal di kalangan mereka banyak terdapat sahabat Rasulullah?"
Namun begitu, Ibnu 'Abbas tetap mendatangi sahabat-sahabat Rasulullah s.a.w. untuk berguru.
---------------------------
Inspirasi :
Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro, Cetakan keduapuluh 2006, halaman 629-630.
Ali bin Abi Talib, Ali Audah, Penerbit  PT. Pustaka Litera AntarNusa Jakarta, Cetakan Ketujuh, Juni 2010, halaman 398-399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar