"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 16 Januari 2016

Embun Pagi

Sebuah hadits yang indah, selayaknya untuk kita pelajari ; 

عن عبد الله بن مسعود قال:
قال النبي صلى الله عليه وسلم :" إن الله قسم بينكم أخلاقكم كما قسم بينكم أرزاقكم وإن الله يعطي الدنيا من يحب ومن لايحب ولايعطي الإيمان إلا من أحب فمن ضن بالمال أن ينفقه وخاف العدو أن يجاهده وهاب الليل أن يكابده فليكثر من قول سبحان الله [ والحمد لله ] ولاإله إلا الله والله أكبر

Dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata; Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda : "Sesungguhnya Allah membagi bagikan akhlak kepada kalian sebagaimana membagi bagikan rezeki. Sesungguhnya Allah memberikan dunia kepada yang Dia cintai dan yang tidak Dia cintai, dan tidak memberikan iman kecuali kepada orang yang Dia cintai. Barang siapa yang merasa bakhil untuk menginfakkan hartanya, atau merasa pengecut untuk menjihadi musuh, atau merasa lemah untuk melewati malam dengan ibadah, hendaklah ia memperbanyak ucapan ; subhanallah.., alhamdulillah.., laa ilaaha illallah.., Allahu Akbar.. (HR. Ibnu Abi Syaibah, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam silsilah shahihah 6/688).

Dalam riwayat lain ada tambahan; karena ia adalah kalimat pendahuluan yang menjauhkan dan menjaga dari keburukan dan ia adalah al baqiyat ash shalihat.

Ustadz Badru Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar