"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 13 Agustus 2014

Yuk, Menghafal Qur'an !

Menjadi seorang penghafal Qur'an bisa dimulai kapan saja, tetapi jika hidayah Islam telah hadir sebaiknya saat itu pula harus dimulai. Menghafal adalah perihal yang sulit jika usia telah menginjak kepala empat alias usia empat puluh tahunan, begitu kata beberapa orang. Jika kita seorang Muslim tentu kita tidak perlu menggubris sugesti negatif tersebut. Ingat wahyu pertama kali turun kepada Rasulullah Muhammad s.a.w. pada tahun 610 M, sementara Rasulullah s.a.w. lahir tahun 570 M, jadi ketika pertama kali wahyu turun usia Nabi s.a.w. 40 tahun. Jadi Rasulullah s.a.w. pastilah pada usia tersebut baru mulai menghafal Qur'an.
Dan Allah s.w.t. begitu sayang kepada Rasulullah s.a.w., dibimbingnya beliau untuk menjadi penghafal Qur'an. Dan waktu terbaik  untuk menghafal Qur'anadalah seperdua malam atau kurang sedikit setelah sholat malam, karena waktu tersebut adalah lebih tepat dan lebih berkesan, lihat nasihat Allah dalam QS. 73 : 1 - 6.
Bismillah semoga Allah s.w.t. meridhoi kesungguhan dan keinginan kita menjadi penghafal Qur'an dengan mengikuti laku Rasulullah s.a.w.
----------------------------
Inspirasi :
Al-Qur'an dan Terjemahannya.
Sejarah Hidup Muhammad, Muhammad Husain Haekal, diterbitkan oleh Litera Antar Nusa, Cetakan Kesebelas, Januari 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar