"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 02 Agustus 2014

Batik Tancep Khas Gunungkidul

Peta Sentra Batik Tancep
Ketika mengadakan perjalanan wisata ke pantai Pulsa, aku sempat mencari lokasi pengrajin batik khas gunungkidul sebagai tambahan referensi ilmuku.
Kabupaten Gunungkidul selain terkenal dengan pesona wisata pantainya yang elok ternyata juga mempunyai ciri khas tersendiri di bidang kerajinan, diantaranya Kerajinan Batik yang sekaligus jadi identitas Batik Khas dari Gunungkidul yang mendapat julukan ”Batik Tancep”.
Sentra kerajinan batik tulis terletak di Desa Tancep Kecamatan Ngawen Gunungkidul, lokasinya sedikit jauh dari kota Wonosari, sekitar 30 menit perjalanan ke arah utara.
Nyanting
Keunggulan Batik Tancep sendiri adalah, Proses pembuatan dilakukan secara manual dan yang lebih Istimewanya lagi pewarna yang digunakan untuk membuat batik itu sendiri berasal dari Bahan Alam seperti Akasia, Akar Jalawe, dan daun Mahoni. Batik ini tidak hanya cocok untuk dijadikan baju atau kebaya namun juga bisa dijadikan taplak meja sarung bantal bahkan gorden. Motif yang beragam juga menjadi keunggulan Batik Tulis Tancep. Beberapa motif batik Tancep diantaranya sekar jagad, gajah birowo, galaran perahu, sekar kanthil dan babon angrem.
Ternyata Batik tancep ini juga telah tembus ke pasar dunia seperti ke Eropa, karena memang diakui “Batik Tancep” ini memiliki kualitas bagus serta memiliki corak yang khas. Jika pengen berkunjung ke Desa Wisata Tancep, lebih baik berkunjung di siang hari dan bisa langsung menikmati proses pembuatan sekaligus bertanya langsung ke pengrajinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar